Jumat, 2 Juni 2023

Tarik Minat Jamaah, PT Naila Gaet Tokoh Agama dan Janjikan Bonus Mobil

- Jumat, 31 Maret 2023 | 08:35 WIB
Calon jamaah haji asal Indonesia hendak naik ke pesawat untuk ke Tanah Suci. Belakangan, ada usulan dari Ma'ruf Amin untuk memberikan sertifikasi halal bagi biro travel umrah dan haji. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Calon jamaah haji asal Indonesia hendak naik ke pesawat untuk ke Tanah Suci. Belakangan, ada usulan dari Ma'ruf Amin untuk memberikan sertifikasi halal bagi biro travel umrah dan haji. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

JawaPos.com - Travel umrah PT Naila Safaah Wisata Mandiri menggaet tokoh agama untuk menarik minat warga memakai jasa umrahnya. Tokoh agama tersebut dihadirkan saaf travel umrah itu menggelar roadshow di berbagai daerah di Indonesia.

"Yang punya pengaruh di lokasi itu, kayak ustad, tokoh agama, kan modusnya dia datangin pesantren, datangin masjid, pengajian, nanti tokoh agama ini diajak," kata Kepala Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Joko Dwi Harsono kepada wartawan, Jumat (31/3).

Pihak travel umrah juga memampang wajah tokoh agama tersebut di dalam brosur. Bahkan ada beberapa tokoh agama yang menjadi kepala cabang travel umrah tersebut. Namun, para tokoh agama ini tidak terlibat dalam kasus penipuan.

Untuk lebih meningkatkan minat dari warga, PT Naila juga menjanjikan sejumlah bonus, mulai dari mobil hingga tanah jika berhasil mengajak warga untuk menggunakan travel umrah tersebut.

"Mereka (tokoh agama) ini enggak tahu kalau ternyata ini aksi penipuan. Bahkan mereka ini juga sebenarnya jadi korban penipuan," jelas Joko.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap pasangan suami istri (pasutri) yang diduga menjadi pelaku penipuan perjalanan umrah. Pelaku ini membuat para jamaah tak bisa kembali dari Arab Saudi.

Kedua pelaku adalah pemilik PT Naila Safaah Wisata Mandiri, Mahfudz Abdulah alias Abi, 52, dan istrinya Halijah Amin alias Bunda, 48. Keduanya ditangkap di salah satu kamar hotel di Daerah Istimewa Jogjakarta. "Pelaku ditangkap pada 27 Februari 2023," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Selasa (28/3).

Pasturi ini telah ditetapkan jadi tersangka dan dikenakan penahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Polda Metro Jaya. Selain pasangan pasutri ini, penyidik juga menetapkan Direktur Utama PT Naila Safaah Wisata Mandiri, Hermansyah, 59, sebagai tersangka.

Ketiganya dikenakan Pasal 126 Juncto Pasal 119 A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah sebagaimana diubah dalam Pasal 126 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. "Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun," jelas Hengki.

Editor: Bintang Pradewo

Tags

Terkini

Hari Waisak, HBKB di Jakarta Ditiadakan

Rabu, 31 Mei 2023 | 17:41 WIB
X