alexametrics

Anies: Kendaraan Listrik Jenis Apa pun Bebas Pajak Transportasi

1 Maret 2022, 14:57:50 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan, kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik jenis apa pun di DKI Jakarta bebas dari pajak transportasi. Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membangun ekosistem transportasi yang ramah lingkungan.

Menurutnya, pihaknya memberikan insentif fiskal bagi kendaraan lsitrik hingga nol persen untuk motor maupun mobil. Hal itu seiring dengan komitmen Pemprov DKI untuk mengurangi emisi karbon di Jakarta.

“Jadi kendaraan listrik apa pun tidak dikenakan pajak transport,” kata Anies secara virtual, Selasa (1/3).

Bahkan, kata Anies, pada pekan ini Pemprov DKI Jakarta akan mengoperasional bis listrik di bawah Dinas Perhubungan. Program ini akan menjadi proyek percontohan bagi ekosistem transportasi ramah lingkungan.

Anies mengaku, kendaraan listrik masih membutuhkan biaya yang sangat besar. Sehingga membutuhkan intervensi dari pemerintah pusat untuk menciptakan permintaan terhadap industri, khususnya akselerasi baterai listrik. “Harapannya publik akan masuk ke situ dan bisa membeli mendaraan listrik dengan harga lebih murah,” ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan mengubah paradigma masyarakat dari kendaraan pribadi agar beralih ke kendaraan listrik, bahkan menggunakan transportasi publik. Sehingga, Jakarta dapat menjadi kota dengan kualitas hidup yang meningkat.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads