alexametrics

Anies Akan Ganti Armada Bus Jadi Angkutan Listrik Sebelum 2025

1 Maret 2022, 17:29:01 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengalihkan armada Transjakarta ke bus listrik. Hal itu sesuai dengan program pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 30 persen pada tahun 2030 dan mencapai emisi nol pada tahun 2050. Komitmen ini juga tercantum melalui Peraturan Gubernur nomor 90 tahun 2021 tentang rencana pembangunan rendah karbon Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, terkait implikasi eletrifikasi armada Transjakarta ke depan, berawal dari penerapan 100 bus listrik pada trayek Transjakarta eksisting untuk program percontohan. Ke depan, TransJakarta akan mengganti separuh armada busnya menjadi armada listrik, secara bertahap sebelum tahun 2025.

“Dengan mengalihkan armada angkutan umum kami ke kendaraan listrik dan mendorong orang untuk menggunakan angkutan umum, kami berharap dapat mencapai peningkatan kualitas udara dan manfaat kesehatan yang lebih baik,” kata Anies secara virtual, Selasa (1/3).

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik sebagai armada transportasi umum juga akan memungkinkan warga merasakan manfaat menggunakan teknologi baru. “Momentum pembaruan armada Transjakarta menjadi kendaraan listrik juga akan meningkatkan tingkat pelayanan transportasi umum,” tuturnya.

Guna mencapai implementasi elektrifikasi Transjakarta, kata Anies, Pemprov DKI juga membuka ruang-ruang kolaborasi ke depannya. Sehingga, seluruh masyarakat dapat terlibat dalam transformasi transportasi umum ini.

“Kami menyadari bahwa jalan menuju implementasi angkutan umum listrik memiliki banyak tantangan yang harus diatasi. Oleh karena itu, kami membuka ruang-ruang kolaboratif dengan berbagai unsur, seperti Pemerintah Pusat, mitra internasional, dan kolaborator. Jakarta menyambut baik potensi kolaborasi ini,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads