alexametrics

Indonesia Siap Berangkatkan Tim Investigasi ke Ethiopia

30 Maret 2019, 06:05:35 WIB

JawaPos.com – Dua orang dari KNKT dan DKPPU siap diberangkatkan untuk membantu investigasi penyebab kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines. Dua orang perwakilan dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan (DKPPU) dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan bergabung dengan tim penyelidik di Ethiopia pekan depan.

“Ada dua orang yang berangkat. Satu orang dari KNKT dan satu orang dari DKPPU,” ujar Direktur Kelaikudaran dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Captain Avirianto.

Dalam tim tersebut terdapat seorang ahli lulusan pendidikan investigasi. Tim yang dikirim bertugas mencari penyebab kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines yang memiliki nomor penerbangan ET 302.

Adanya indikasi bahwa kasus kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines memiliki kemiripan yang jelas dengan kecelakaan pesawat JT 610 dari Lion Air di Indonesia juga menjadi suatu alasan diadakannya investigasi bersama ini.

“Kalau hasil dari dua pesawat memang ada yang menjadi problem, kami kirim rekomendasi apa yang perlu diperbaiki,” kata Avirianto. Fokus tim adalah mencari kemiripan dua kecelakaan pesawat tersebut. Bila ditemukan, sejumlah rekomendasi akan dikirim ke perusahaan Boeing.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : DW



Close Ads
Indonesia Siap Berangkatkan Tim Investigasi ke Ethiopia