alexametrics

Wasitnya Perempuan, Iran Batalkan Siaran Bundesliga

19 Februari 2019, 05:05:08 WIB

JawaPos.com – Stasiun televisi milik pemerintah Iran batal menyiarkan laga Bundesliga karena kehadiran seorang wasit perempuan yang mengenakan celana pendek. Penampilan Bibiana Steinhaus dianggap bertentangan dengan budaya Islam.

Stasiun penyiaran milik pemerintah Iran, IRIB, tidak menunjukkan pertandingan Bundesliga antara Bayern München dan Augsburg pada hari Jumat (15/02) karena wasitnya adalah wasit perempuan Bibiana Steinhaus memimpin, media Jerman melaporkan dengan mengutip media di Iran.

Menurut laporan media setempat, siaran dibatalkan karena peraturan Islam yang ketat di negara itu. Seperti tidak mengijinkan penayangan gambar wanita yang mengenakan pakaian yang memperlihatkan kulitnya, seperti celana pendek olahraga.

iran, wasit perempuan, bundesliga,
Perempuan Iran pernah protes besar-besaran karena dipaksa pakai hijab pada Maret 1979 (Historical Photos)

Natalie Amiri, koresponden Iran untuk stasiun penyiaran publik Jerman ARD, dalam akun Twitternya menulis, bahwa siaran di Iran telah dibatalkan “pada menit terakhir.”

Di Iran, adegan film yang menunjukkan wanita dalam pakaian yang dianggap terbuka akan disensor. Tetapi ini tidak mungkin dilakukan saat menyiarkan pertandingan Bundesliga hari Jumat, karena Steinhaus akan terus terlihat, demikian laporan media.

Pertandingan Bundesliga pada Mei tahun lalu, dengan Steinhaus sebagai wasit, dilaporkan disensor dengan cara membidik acak penonton yang ditampilkan setiap kali kamera berfokus pada Steinhaus.

Steinhaus, 39, adalah perempuan pertama yang memimpin pertandingan sepak bola laki-laki di tingkat profesional di Jerman. Pertandingan Bundesliga pertamanya adalah pada bulan September 2017. Dia dinobatkan sebagai salah satu wasit terbaik Jerman pada tahun 2018.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : DW

Wasitnya Perempuan, Iran Batalkan Siaran Bundesliga