alexametrics

Kepala HAM PBB Minta Saudi Tunjukkan Jasad Khashoggi

31 Oktober 2018, 18:05:22 WIB

JawaPos.com – Kepala HAM PBB menyerukan partisipasi internasional dalam penyelidikan Khashoggi. Dilansir dari Al Jazeera pada Rabu, (31/10), Kepala HAM PBB Michelle Bachelet menyerukan kepada para ahli internasional untuk mengambil bagian dalam penyelidikan independen terhadap pembunuhan Khashoggi, dengan akses ke bukti dan saksi.

“Kami berharap penyelidikanakan dilakukan bebas dari campur tangan politik. Selain itu juga diperlukan keterlibatan para ahli internasional, dengan akses penuh ke bukti dan para saksi,” kata Bachelet dalam sebuah pernyataan.

Bachelet juga mendesak Arab Saudi untuk mengungkapkan keberadaan jasad Khashoggi. Sebab pemeriksaan forensik dan otopsi sangat penting dalam penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap kasus pembunuhan tersebut.

Khashoggi, AS, arab saudi, trump, MBS, raja salman,
Kepala HAM PBB menyerukan partisipasi internasional dalam penyelidikan Khashoggi (Getty Images)

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta Jaksa Arab Saudi untuk mencaritahu siapa yang memerintahkan pembunuhan Khashoggi, dan tidak menyembunyikan siapa yang bersalah dalam kasus ini.

“Siapa yang mengirim 15 orang ini? Sebagai jaksa, Anda harus mengajukan pertanyaan itu sehingga Anda dapat mengungkapkannya,” kata Erdogan, mengacu pada 15 orang yang diduga berada di balik kejahatan itu.

Erdogan mengatakan, jaksa Turki telah mengatakan kepada mitranya dari Saudi bahwa 18 tersangka dalam kasus tersebut dapat diadili di Turki. Para pejabat Saudi juga perlu mengungkapkan identitas seorang pembunuh bayaran lokal alias dari Turki sendiri yang dikatakan telah terlibat dalam penghilangan Khashoggi.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Kepala HAM PBB Minta Saudi Tunjukkan Jasad Khashoggi