JawaPos Radar

Amerika tak Jamin India Bebas Sanksi Jika Beli Rudal S-400 Rusia

31/08/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Amerika tak Jamin India Bebas Sanksi Jika Beli Rudal S-400 Rusia
India berada di tahap akhir untuk mendapatkan pembelian rudal S-400 jarak jauh ke sistem rudal udara dari Rusia (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Amerika Serikat (AS) tidak dapat menjamin India akan dibebaskan dari sanksi jika membeli senjata dan sistem pertahanan dari Rusia. Ini menurut seorang pejabat Pentagon seperti diberitakan Al Jazeera pada Kamis, (30/8).

Pejabat Asia Pentagon Randall Schriver mempertanyakan pada hari Rabu gagasan AS akan melindungi hubungannya dengan India. Namun AS keberatan jika India membeli senjata dari Rusia. "Kami khawatir jika India mengejar platform dan senjata baru dari Rusia."

AS telah menjatuhkan sanksi terhadap Rusia karena pencaplokannya di Semenanjung Ukraina, Crimea. Ini berarti setiap negara yang terlibat dalam pertahanan atau berbagi intelijen dengan Rusia juga dapat dikenakan sanksi. "Saya tidak bisa duduk di sini dan memberitahu mereka akan dibebaskan," Schriver.

Amerika tak Jamin India Bebas Sanksi Jika Beli Rudal S-400 Rusia
AS keberatan India beli senjata Rusia (Reuters)

India berada di tahap akhir untuk mendapatkan pembelian rudal S-400 jarak jauh ke sistem rudal udara dari Rusia. Kesepakatan ini senilai USD 6 miliar. Perjanjian ini diharapkan akan ditandatangani oleh Rusia akhir tahun ini.

Akuisisi sistem S-400 akan menjadi yang terbaru dalam serangkaian panjang pembelian pertahanan India. Sebelumnya India telah membeli pesawat tempur, kapal, dan kapal selam dari Rusia.

Schriver mengatakan, AS prihatin tentang pembelian yang direncanakan ini. AS juga bersedia untuk berbicara dengan India tentang kemungkinan alternatif untuk sistem rudal Rusia.

Sementara itu, India bukan satu-satunya negara yang membeli sistem persenjataan dari Rusia. Negara-negara lain seperti Tiongkok, Turki, Arab Saudi, dan Qatar semuanya telah membeli atau berencana membeli senjata rudal antipesawat ke Rusia.

Para pejabat militer AS dan politisi juga telah menyatakan keprihatinan atas niat Turki untuk membeli sistem rudal Rusia.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up