JawaPos Radar

Washington Dorong Pembentukan NATO Arab di Timur Tengah

31/07/2018, 07:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Washington Dorong Pembentukan NATO Arab di Timur Tengah
Para pejabat di Washington dan wilayah tersebut sedang mendorong pembentukan 'NATO Arab'. Ide itu awalnya dibesarkan oleh Arab Saudi (The Hill)
Share this image

JawaPos.com - Sejak 1979, Iran berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pengaruh besar di Timur Tengah. Ini menjadi ancaman bagi Arab Saudi dan sekutunya Amerika Serikat (AS).

Baru-baru ini ada laporan pemerintahan Presiden AS Donald Trump secara diam-diam yang mendorong negara-negara Arab untuk melawan ekspansi Iran di wilayah tersebut. Dilansir Gulf News, pemerintahan Trump juga menjalin kerja sama yang lebih dalam dengan negara-negara yang melakukan pertahanan rudal, pelatihan militer, kontraterorisme, dan isu-isu lainnya.

Para pejabat di Washington dan wilayah tersebut sedang mendorong pembentukan 'NATO Arab'. Ide itu awalnya dibesarkan oleh Arab Saudi, yang mengusulkan pakta keamanan menjelang kunjungan Presiden AS Donald Trump ke kerajaan pada Mei 2017.

Washington Dorong Pembentukan NATO Arab di Timur Tengah
Baru-baru ini ada laporan pemerintahan Presiden AS Donald Trump secara diam-diam yang mendorong negara-negara Arab untuk melawan ekspansi Iran di wilayah tersebut (The Jerusalem Post)

Aliansi militer ini diusulkan akan menandingi ekspansi regional Iran. Mereka ingin membahas apa yang disebut Aliansi Strategis Timur Tengah pada pertemuan puncak yang dijadwalkan untuk Washington pada 12-13 Oktober.

Tahun lalu puluhan negara mayoritas Muslim berkumpul di Arab Saudi untuk membentuk aliansi militer yang disebut sebagai 'Nato Islami'. Berbasis di luar kerajaan, aliansi ini terutama bertujuan untuk melawan terorisme yang telah diderita wilayah ini selama beberapa dekade terakhir.

'NATO Arab', bertujuan untuk mengisolasi Iran, dan memungkinkan negara-negara anggota untuk meningkatkan pertahanan yang lebih kuat terhadap intrik regional Tehran. Peningkatan kerja sama antar negara-negara regional juga akan memungkinkan mereka untuk menghadirkan fron persatuan melawan Iran, dan menyampaikan kepada rezim bahwa kegiatannya tidak akan ditoleransi lagi.

Iran memiliki cengkeramannya di beberapa negara Timur Tengah. Hal ini bergantung pada aktor nonnegara yang terlatih dengan baik. Mereka juga punya cabang-cabang aparat keamanannya sendiri untuk menyebarkan perpecahan sektarian.

Iran telah membangun akar yang kuat di setidaknya empat negara Arab. Namun sikap garis keras pemerintahan Trump soal isu-isu seperti terorisme dan kesepakatan nuklir telah mengkhawatirkan Iran. Pembentukan aliansi pertahanan 'NATO Arab' yang diusulkan akan menjadi langkah lain.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up