alexametrics

PBB Kaget Pentolan Separatis Papua Ikut Rombongan Delegasi Vanuatu

31 Januari 2019, 13:12:13 WIB

JawaPos.com – Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (KTHAM) PBB, Michelle Bachelet mengaku terkejut ketika pemimpin kelompok separatis United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda ikut di dalam rombongan delegasi negara kepulauan Vanuatu saat menemui dirinya pada pekan lalu. Hal itu disampaikannya saat melakukan pembicaraan via telepon dengan Wakil Tetap RI di Jenewa Hadan Kleib pada Rabu (30/1).

“KTHAM menyampaikan merasa terkejut dengan adanya anggota delegasi yang bukan merupakan anggota Delegasi resmi UPR Vanuatu, Benny Wenda,” kata Hasan melalui pesan tertulis via Kementerian Luar Negeri pada Rabu (30/1).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, menurut keterangan kantor KTHAM, tanpa sepengetahuan kantor KTHAM, Benny Wenda dimasukkan dalam delegasi Vanuatu yang melakukan kunjungan kehormatan ke kantor KTHAM pada hari Jum’at, 25 Januari 2019. Kunjungan kehormatan ini dilakukan dalam rangka pembahasan UPR (Universal Periodic Review) Vanuatu di Dewan HAM.

vanuatu, benny wenda, separatis papua, indonesia,
Kemlu RI menyatakan Bachelet senantiasa melihat itikad baik dari negara anggota PBB yang ingin bertemu dengannya. Namun, langkah Vanuatu tersebut tidak menunjukkan itikad baik (Reuters)

Kemlu RI menyatakan Bachelet senantiasa melihat itikad baik dari negara anggota PBB yang ingin bertemu dengannya. Namun, langkah Vanuatu tersebut tidak menunjukkan itikad baik.

“KTHAM cukup kaget ketika berita mengenai pertemuan tersebut diberitakan secara luas oleh Benny Wenda yang bukan merupakan anggota Delegasi Vanuatu,” lanjut keterangan tersebut.

Pentolan separatis itu, telah menyerahkan petisi kepada Bachelet. Petisi yang diklaim berisi 1,8 juta tanda tangan itu berisi tuntutan referendum kemerdekaan.

Dia berharap PBB akan mengirim misi pencarian fakta ke provinsi Papua Barat yang dia klaim ada dugaan pelanggaran HAM.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum


Close Ads
PBB Kaget Pentolan Separatis Papua Ikut Rombongan Delegasi Vanuatu