alexametrics

Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Kembalikan Kekaisaran Rusia

30 November 2018, 16:24:57 WIB

JawaPos.com – Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin ingin mencaplok seluruh negaranya. Dilansir dari Reuters pada Kamis (29/11), Poroshenko juga menyerukan NATO untuk membantunya, dengan menyebarkan kapal perang ke laut yang dimiliki oleh kedua negara.

Komentar Poroshenko ke media Jerman adalah bagian dari dorongan bersama oleh Ukraina untuk mendapatkan dukungan Barat untuk sanksi lebih lanjut terhadap Rusia.

Sebenarnya sekutu barat sejauh ini tidak menawarkan menyediakan hal-hal tersebut, meskipun ada kemungkinan invasi Rusia setelah Rusia menyita tiga kapal angkatan Laut Ukraina dan kru mereka pada hari Minggu di dekat Crimea. Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas insiden yang terjadi di Laut Hitam dekat Crimea, wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia pada 2014.

presiden ukraina, putin, kekaisaran rusia, rusia,
Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin ingin mencaplok seluruh negaranya (Reuters)

“Jangan percaya kebohongan Putin,” kata Poroshenko kepada Bild. “Putin ingin Kekaisaran Rusia yang lama kembali,” katanya.

“Putin ingin menguasai Krimea, Donbass, seluruh negeri. Putin melihat dirinya sebagai Tsar Rusia, ia berpikir kalau  kekaisarannya tidak dapat berfungsi tanpa Ukraina. Dia melihat Ukraina sebagai koloninya,” papar Poroshenko.

Putin menuduh Poroshenko sengaja membuat krisis di Ukraina-Rusia untuk meningkatkan popularitasnya menjelang pemilihan tahun depan di Ukraina.

Menteri Infrastruktur Ukraina Volodymyr Omelyan mengatakan, Rusia telah memberlakukan blokade de facto pada dua pelabuhan Ukraina di Laut Azov dengan melarang kapal-kapal meninggalkan dan memasuki laut melalui Selat Kerch.

Poroshenko juga mengatakan pada Bild dia juga ingin NATO untuk menyebarkan kapal perang ke Laut Azov. Meski Ukraina bukan anggota aliansi NATO yang dipimpin AS tersebut.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Kembalikan Kekaisaran Rusia