alexametrics

Pengamat Asing Ragu Lion Air Lakukan Pelatihan Pilot dengan Ekstensif

30 Oktober 2018, 12:15:29 WIB

JawaPos.com – Ada kekhawatiran kalau Indonesia tidak melakukan kontrol pada maskapai dengan biaya rendah (budget airlines). Dilansir dari Global news, seorang pilot dan CEO dari Aero Consulting Experts Ross Aimer menjelaskan kepada Global News bahwa model Boeing tipe ini adalah jenis baru dan karena itu memiliki banyak teknologi baru.

Menurut Aimer, yang merupakan mantan pilot United Airlines,  sebagian besar maskapai penerbangan akan menawarkan pelatihan untuk pilot yang menggunakan pesawat baru. Tetapi tidak jelas apakah Lion Air melakukannya.

“Saya tidak yakin Lion Air melakukan pelatihan ekstensif terhadap pilot mereka. Mereka tidak memiliki catatan keamanan yang bagus, mereka dilarang dari wilayah udara Uni Eropa selama beberapa tahun,” ujar Aimer.

lion air jatuh, pesawat lion air jatuh, pesawat jatuh,
Keluarga korban jatuhnya Pesawat Lion Air menunggu dengan raut muka sangat sedih (Sabik/JawaPos.com)

Namun pakar penerbangan tersebut mengaku sulit untuk menyalahkan perusahaan pesawat dengan dalih pelatihan, dan menyarankan maskapai lain untuk mengambil tindakan, sampai penyebab kecelakaan itu ditentukan. “Mereka harus dapat mengekstrak suara dan perekam data segera, yang akan memberi kita semua indikasi dari apa yang sebenarnya terjadi,” kata Aimer.

Founder Aviation Safety Network, Harro Ranter juga meragukan hal yang sama. Dia meragukan maskapai tidak dapat melatih atau merekrut pilot yang cukup berkualitas. Sebab seharusnya maskapai penerbangan akan berjuang untuk mengelola pertumbuhan yang cepat.

“Indonesia memang menonjol. Mereka memang memiliki beberapa kecelakaan yang sangat buruk di masa lalu,” kata Ranter.

“Sulit untuk menilai apakah mereka telah membuat kemajuan yang cukup bagus menyangkut kontrol dan standart keamanan,” ujarnya.  

 

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Pengamat Asing Ragu Lion Air Lakukan Pelatihan Pilot dengan Ekstensif