Trump Tuding Tiongkok Persulit Hubungannya dengan Korut

30/08/2018, 14:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Setelah perselisihannya dengan Korea Utara (Korut) kini Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh Tiongkok mempersulit hubungan Washington dengan Korut karena pembicaraan mengenai denuklirisasi Pyongyang terhenti (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Setelah perselisihannya dengan Korea Utara (Korut) kini Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh Tiongkok mempersulit hubungan Washington dengan Korut karena pembicaraan mengenai denuklirisasi Pyongyang terhenti.

Meskipun Trump bersikeras mengatakan, hubungannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping luar biasa, baginya Tiongkok telah membuatnya jauh lebih sulit dalam hubungan AS dengan Korut. Selain itu, ia menyebut hubungannya dengan Kim sebagai hubungan yang fantastis.

"Bagian dari masalah Korut disebabkan oleh sengketa perdagangan dengan Tiongkok," kata Trump di Gedung Putih seperti dilansir Channel News Asia.

Meskipun Trump bersikeras mengatakan, hubungannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping luar biasa, baginya Tiongkok telah membuatnya jauh lebih sulit dalam hubungan AS dengan Korut (Sputnik)

Beijing merupakan satu-satunya sekutu utama Pyongyang sekaligus negara transit utama untuk barang-barang yang masuk ke Korut. Terkait itu, Trump menyatakan, Tiongkok marah atas langkah AS dalam perdagangan yang tidak lagi sekeras terhadap Korut.

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un mengulangi keinginannya secara mendasar untuk mengubah status quo perdagangan antara AS dan Tiongkok yang notabenenya adalah dua ekonomi teratas di dunia. Dia mengatakan, ia perlu mengambil sikap keras dengan Beijing pada perdagangan.

Menurut Trump, itu benar-benar tidak adil bagi AS. Juni lalu Trump dan Kim telah berjanji untuk bekerjasama menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea, namun upaya-upaya itu terhenti beberapa minggu yang lalu.

Puncaknya, Trump memerintahkan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk membatalkan rencana perjalanan ke Pyongyang minggu lalu. Pompeo mengatakan, Washington tetap siap untuk terlibat meski jelas Kim siap untuk menyampaikan komitmen yang dia buat di Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) Singapura dengan Trump untuk sepenuhnya denuklirisasi Korut.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi