JawaPos Radar

Pengacara Mantan Pemimpin Serbia Tewas Ditembak

30/07/2018, 05:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Pengacara Mantan Pemimpin Serbia Tewas Ditembak
Seorang pengacara terkemuka yang membela mantan pemimpin Serbia Slobodan Milosevic telah ditembak mati (Nepszava)
Share this

JawaPos.com - Seorang pengacara terkemuka yang membela mantan pemimpin Serbia Slobodan Milosevic telah ditembak mati. Dragoslav Ognjanovic, 57 tahun, ditemukan tewas pada Sabtu malam di luar gedung apartemennya di Ibu Kota Beograd.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan, putra Ognjanovic yang berusia 26 tahun juga terluka dalam insiden penembakan itu. Semasa hidupnya, Ognjanovic bertugas di tim hukum untuk Milosevic selama persidangannya di Den Haag pada awal 2000-an.

Sebelumnya, mantan Presiden Serbia ditangkap pada 2001 lalu dan ditahan di pengadilan kejahatan perang PBB karena genosida dan kejahatan perang lainnya. Namun dia ditemukan tewas di selnya pada tahun 2006 sebelum persidangannya dapat diselesaikan.

Slobodan Milosevic kala itu menghadapi tiga dakwaan yang berkaitan dengan kekejaman yang dilakukan di Kosovo. Antara lain lain untuk kejahatan di Kroasia, dan tuduhan genosida ketiga di Bosnia antara 1992 dan 1995.

Dalam sebuah pernyataan, kepala Asosiasi Bar di Beograd mengatakan, penembakan terhadap Ognjanovic adalah serangan terhadap semua pengacara.

"Kami akan memberikan tekanan maksimum pada otoritas negara yang kompeten untuk menemukan pelaku kejahatan ini," kata Viktor Gostiljac seperti dilansir BBC pada Minggu (29/7).

Ognjanovic juga menjabat sebagai pengacara pembela dalam beberapa kasus mafia dengan profil tinggi di Serbia dan Montenegro. Bahkan sejumlah anggota terkemuka jaringan kejahatan terorganisir Serbia dan Montenegro telah tewas di Beograd dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut polisi, pembunuhan tersebut merupakan bagian dari perang geng atas pasar obat-obatan terlarang.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up