alexametrics

Menlu Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Pendaki Malaysia

30 Juli 2018, 11:35:42 WIB

JawaPos.com – Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan ratusan pendaki di gunung Rinjani terjebak. Dari total 820 pendaki, ada 617 pendaki mancanegara.

Menurut data hasil rapat koordinasi yang dihadiri oleh Forkompimda Lotim, Forkompinca Sembalun, Kadis Pariwisata NTB, Kadis BPBD NTB, Basarnas, dan Perwakilan Porter pada hari Minggu, (29/7), pukul 24.00 wita bertempat di Kantor Camat Sembalun, hasil data WNA adalah sebagai berikut.

Malaysia 21 orang, Prancis 35 orang, Belanda 23 orang, Thailand 174 orang, India 5 orang, Singapura 5 orang, Italia 3 orang, Inggris 6 orang, Amerika 5 orang, Spanyol 5 orang, Belgia 7 orang, Swiss 13 orang, Tiongkok 7 orang, Kanada 8 orang, Denmark 4 orang, Swedia 2 orang, Australia 2 orang, Kroasia 1 orang, Myanmar 1 orang, Jerman 13 orang, Austria 5 orang, Jepang 2 orang, Polandia 2 orang, Bahrain 1 orang, dan Pakistan 1 orang.

Menlu Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Pendaki Malaysia
Gempa bumo mengguncang Lombok dan sekitarnya (Jawapos)

Dari WNA tersebut, diketahui 1 orang warga negara Malaysia meninggal dunia yaitu Siti Nur Ismawida. Kementerian Luar Negeri RI juga telah mengucapkan bela sungkawa sekaligus mengonfirmasi kebenarannya.

“Diantara korban meninggal, terdapat 1 orang alaysia. Saya telah sampaikan belasungkawa kepada Menlu Malaysia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Twitternya pada Minggu, (29/7).

Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia juga telah mengonfirmasi hal ini. Menurut keterangan dari siaran pers yang diterima JawaPos.com, Kedutaan juga telah menghubungi keluarga korban dan menghubungi para pelajar Malaysia yang berada di sekitar Bali.

“Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia membenarkan satu orang meninggal dan enam orang terluka parah dari total pendaki tersebut,” ujar siaran pers tersebut.

“Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta telah terhubung dengan para pelajar Malaysia di sekitar Bali, memastikan perkembangan mereka,” tambahnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Menlu Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Pendaki Malaysia