alexametrics

Tirukan Mata Sipit Korsel, 2 Pembawa Acara TV Spanyol Diskors

30 Juni 2018, 07:20:00 WIB

JawaPos.com – Perilaku rasisme kembali terjadi. Kali ini ditengah-tengah euforia kemenangan Korea Selatan (Korsel) yang berhasil mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. Dua pembawa acara televisi yang melakukan perilaku rasisme terhadap ciri fisik orang Korsel.

Dua pembawa acara di jaringan berbahasa Spanyol, Telemundo telah diskors setelah membuat gerakan yang sarat dengan rasisme saat merayakan kemenangan Korsel atas Jerman dengan skor 2-0. Kemenangan Korsel sekaligus membuat Meksiko otomatis maju dalam turnamen bergengsi empat tahun sekali, Piala Dunia 2018 yang tahun ini diselenggarakan di Rusia.

Selama syuting acara dilakukan, kedua presenter melakukan tari perayaan sambil melakukan gerakan menarik kedua mata mereka dengan kedua tangannya sehingga matanya menyipit. Beberapa penggemar Meksiko juga mengunggah ke Twitter ucapan terima kasih kepada Korsel namun dengan cara yang sarat akan rasisme.

Tirukan Mata Sipit Korsel, 2 Pembawa Acara TV Spanyol Diskors
Korsel kalahkan Jerman di Piala Dunia (Mirror)

Kejadian tersebut sontak memicu kemarahan para netizen yang menganggap hal tersebut adalah perlaku rasisme, seperti dilansir BBC pada Jumat, (29/6).

Banyak dari mereka yang kemudian akhirnya meminta maaf. Kemenangan Korsel atas Jerman di Piala Dunia FIFA berarti membuat Meksiko naik ke urutan kedua dalam grup mereka, sehingga akan maju ke tahap knock out.

Meski berhasil mengalahkan Jerman. Namun Korsel tetap gagal maju ke tahap berikutnya. Para penggemarnya bersatu dengan pendukung Meksiko di seluruh dunia untuk merayakan kemenangan Korsel.

Di Mexico, ratusan penggemar bergegas ke Kedutaan Korsel untuk berpesta dengan staf dan Konsul Jenderal. Namun hal tersebut kemudian mengundang kekecewaan Korsel karena perilaku rasis para penggemar Meksiko. Para penggemar Korsel kemudian melancarkan aksi tanda pagar (tagar) #racialdiscrimination di media sosial untuk mengungkapkan kekecewaan mereka.

Miguel Hernandez dalam akun Twitter-nya @Techivist mengatakan, Dear @Telemundo @TelemundoSports & @TLMDPR, siapapun orang yang berada di sebelah kiri perlu dipecat secepatnya karena berbuat rasis pada siaran langsung. Jika seseorang mengatakan atau membuat gerakan rasis tentang orang-orang Latin, kami semua akan mengangkat senjata dan ini tidak berbeda #SayNoToRacism #TelemundoMundial

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (trz/JPC)



Close Ads
Tirukan Mata Sipit Korsel, 2 Pembawa Acara TV Spanyol Diskors