alexametrics

Omicron BA.2 Lebih Menular, Australia Setuju Vaksin Dosis Keempat

30 Maret 2022, 15:03:27 WIB

JawaPos.com – Negara-negara Eropa, AS, dan kini Australia terancam gelombang penyebaran Covid-19 subvarian Omicron BA.2. Karena itu, penting untuk menawarkan dosis keempat vaksin Covid-19 atau booster dari booster untuk memberikan perlindungan.

Australia menilai booster penting terutama untuk seseorang dengan usia lebih dari 65 tahun. Mulai bulan depan, otoritas kesehatan federal Australia memikirkan pemberian vaksin booster keempat ketika strain Omicron terbaru menyebar di populasi.

Dalam enam minggu terakhir, negara-negara lain, termasuk Prancis, Jerman dan Swedia serta otoritas kesehatan di Inggris, telah merekomendasikan dosis vaksin Covid-19 keempat untuk yang paling rentan, termasuk orang tua. Australia telah melaporkan tingkat infeksi harian lebih dari 50 ribu dalam beberapa hari terakhir sekitar dua kali lipat dari sebulan sebelumnya.

Sebagian disebabkan oleh meningkatnya varian BA.2 Omicron yang lebih menular. Australia telah melaporkan total 3,93 juta infeksi Covid-19 sejak pandemi dimulai, dengan 5.824 kematian.

Siapa yang berhak dapat booster keempat?

Kelompok penasihat teratas tentang vaksin menyetujui suntikan keempat untuk kelompok rentan. Untuk siapa saja boostet keempat? Yakni untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun, penduduk asli di atas 50 tahun, orang-orang yang kekebalannya terganggu, dan penghuni rumah perawatan.

Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan dosis tambahan akan tersedia mulai 4 April atau hampir dua bulan sebelum dimulainya musim dingin Australia. Syaratnya, untuk orang yang mendapat dosis ketiga setidaknya empat bulan sebelumnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: