alexametrics

Trump: Mengandangkan Pesawat Boeing 737 Max Keputusan yang Berat

30 Maret 2019, 14:02:24 WIB

JawaPos.com – CEO Boeing Dennis Muilenburg sempat meyakinkan Presiden AS Donald Trump dalam sebuah percakapan telepon kalau Boeing 737 Max aman dinaiki. Seperti dilansir Politico, Trump mengatakan, “Boeing merupakan perusahaan yang hebat. Saya berharap mereka bisa menjawab pertanyaan kami segera, namun sayangnya sekarang pesawatnya harus di-grounded.”

Trump mengaku, mengandangkan Boeing 737 Max itu merupakan keputusan yang sangat berat. “Ini keputusan yang berat,” katanya.

“Sesungguhnya, kamui tak ingin mengandangkan Boeing 737 Max. Namun ini harus dilakukan penting secara psikologis dan aspek lainnya,” kata Trump.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan pesawat, ethiopian airlines, ethiopia, pesawat boeing 737 max,
Trump mengaku, mengandangkan Boeing 737 Max itu merupakan keputusan yang sangat berat (AFP)

Seperti dilansir The Week, Trump sempat khawatir mengandangkan Boeing 737 Max akan berdampak pada pasar saham. Ia takut saham Boeing jatuh. 

Setidaknya 34 maskapai telah mendaratkan Boeing 737 Max 8, yang berarti sekitar dua pertiga dari Pesawat Boeing 737 Max 8 yang beroperasi sekarang menganggur. Seperti yang ditakutkan Trump, harga saham Boeing memang turun 6 persen.

Sebelumnya, Pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines jatuh. Ini terjadi hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Addis Ababa. Sebelumnya pesawat jenis yang sama yang dioperasikan Lion Air juga jatuh di Laut Jawa menewaskan ratusan penumpangnya.

Sebelum dilarang terbang seperti sekarang, Amerika Serikat adalah negara besar terakhir yang masih mengizinkan pesawat kesayangannya Boeing 737 Max terbang. Negara-negara lain sudah melarang penerbangan Boeing 737 Max.

Selama diskusi dengan Gedung Putih dan pejabat Departemen Perhubungan, Trump bertindak seperti seorang ahli. Kepada The Washington Post, Trump mengatakan Boeing itu hebat. Bahkan ia memuji Boeing 757, jenis jet yang ia miliki secara pribadi.

Dia mencoba menjelaskan peralatan yang ditemukan di berbagai jenis pesawat, dan terus membandingkannya dengan pesawatnya. “Trump sangat terhubung dengan pesawat Boeing,” kata seorang pejabat.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna, Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Trump: Mengandangkan Pesawat Boeing 737 Max Keputusan yang Berat