alexametrics

Prabowo: Anggaran Pertahanan Indonesia Kalah dari Singapura

30 Maret 2019, 22:10:44 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, anggaran pertahanan dan keamanan Indonesia terlalu lemah dan jauh dari yang diharapkan. Dia juga mengatakan, Indonesia sering diejek oleh asing.

“Jadi, bagi saya kita harus tingkatkan anggaran pertahanan. Kita harus membuat sistem hentikan kebocoran, ubah sistem agar tak mengalir ke luar negeri,” katanya pada debat ke-4 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Prabowo juga membandingkan anggaran pertahanan Indonesia dengan anggaran negara tetangga Singapura. Dia menilai jumlah anggaran untuk pertahanan di Indonesia jauh nilainya dibandingkan Singapura.

“Maaf Pak Jokowi, mungkin Pak Jokowi dapat briefing kurang tepat anggaran 107 triliun itu 5 persen dari APBN kita dan 0,8 persen dari GDP kita. Padahal Singapura, 30 persen dari APBN mereka dan 3 persen dari GDP,” tambahnya.

Dia juga menanggapi ketika Joko Widodo mengatakan, ia percaya dengan tentara Indonesia. Dia mengatakan, tentara di Indonesia menganut konsep ABS atau Asal Bapak Senang.

“Saya pengalaman di tentara, budaya ABS banyak. Kalau ketemu panglima, ‘siap pak, aman pak’. Pak itu tidak bener pak, jadi itu saja pak, saya tidak menyalahkan bapak, ini budaya indonesia, kita tidak mau mengancam siapapun, tapi kita lemah. Bapak tahu berapa peluru kita?” tutupnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Prabowo: Anggaran Pertahanan Indonesia Kalah dari Singapura