alexametrics

Pola Kecelakaan Pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines Sama

30 Maret 2019, 15:21:21 WIB

JawaPos.com – Data penerbangan dari puing-puing Pesawat Ethiopian Airlines menunjukkan kesamaan yang jelas dengan kecelakaan mematikan dari pesawat Boeing 737 Max di Indonesia. Dilansir dari CNBC beberapa waktu yang lalu, kesimpulan itu diperoleh dari penyelidik kecelakaan Prancis yang mengetahui informasi tersebut.

Pesawat Ethiopian Airlines yang menggunakan Boeing 737 Max 8, jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa pada 10 Maret, menewaskan 157 orang di dalamnya.

Itu terjadi kurang dari lima bulan setelah Pesawat Lion Air dengan model yang sama jatuh di Laut Jawa pada tahap yang sama dalam penerbangannya. Jatuhnya Lion Air menewaskan 189 penumpang dan awak. Kedua Pesawat Boeing 737 Max 8 yang dipakai Lion Air dan Ethiopian Airlines dikirim ke maskapai hanya beberapa bulan sebelum penerbangan fatal mereka.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan pesawat, ethiopian airlines, ethiopia, lion air jatuh, lion air,
Itu terjadi kurang dari lima bulan setelah Pesawat Lion Air dengan model yang sama jatuh di Laut Jawa pada tahap yang sama dalam penerbangannya. Jatuhnya Lion Air menewaskan 189 penumpang dan awak (Picture-Alliance)

Para penyelidik yang memverifikasi data dari perekam data Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh menemukan kesamaan dengan jatuhnya Pesawat Lion Air. “Ini menjadi subjek penelitian lebih lanjut selama penyelidikan,” kata otoritas kecelakaan Prancis BEA.

Boeing menambahkan sistem otomatis anti-stall ke Pesawat Boeing 737 Max. Penyelidik Indonesia menyatakan, sistem otomatis anti-stall bisa jadi faktor penyebab kecelakaan Lion Air pada Oktober lalu.

Mereka mengatakan, pilot tidak diberitahu tentang sistem otomatis anti-stall Lion Air jatuh. Banyak yang diberikan kelas pelatihan lewat iPad kira-kira satu jam untuk transisi dari Boeing 737 ke Boeing 737 Max menurut Allied Pilots Association.

Seperti dilansir CNN, Menteri Transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan, berdasarkan data dari kotak hitam Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh, ditemukan kesamaan dengan data dari Pesawat Lion Air yang jatuh di Indonesia.

Moges mengatakan, para penyelidik telah mengambil semua data dari kotak hitam. Investigasi lebih lanjut masih dilakukan.

Akhirnya, Presiden AS Donald Trump melakukan percakapan telepon dengan Kepala Eksekutif Boeing yang menyatakan bahwa Pesawat 737 Max 8 tidak boleh digunakan di AS demi keamanan. Hal ini dinyatakan oleh dua orang yang diberi penjelasan singkat tentang percakapan tersebut.

Hingga saat ini, setidaknya 34 maskapai telah mendaratkan Boeing 737 Max 8, yang berarti sekitar dua pertiga dari Pesawat Boeing 737 Max 8 yang beroperasi sekarang menganggur. Harga saham Boeing turun 6 persen.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna, Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Pola Kecelakaan Pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines Sama