alexametrics

Jokowi Sudah ke Cox Bazaar Jenguk Muslim Rohingya

30 Maret 2019, 22:43:03 WIB

JawaPos.com – Status penduduk Muslim terbanyak di dunia menjadi modal utama Indonesia dalam berdiplomasi. Hal itu disampaikan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

“Negara kita merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar. Itu merupakan kekuatan diplomasi di forum internasional,” ujarnya dalam debat capres keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Jokowi yang saat ini menjadi Presiden Indonesia mengaku selalu menyampaikan hal tersebut ketika berbicara di forum internasional. Itu menjadi penting karena banyak negara asing yang tidak mengetahui posisi Indonesia.

debat capres, capres, jokowi, myanmar, rohingya,
Jokowi juga ke Cox Bazaar, Bangladesh untuk melihat kondisi Muslim di sana (Reuters)

Indonesia bahkan mulai dipandang dunia internasional. Buktinya, Indonesia diminta PBB untuk menengahi proses kembalinya pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

“Kemudian di Afganistan, kita diberikan kepercayaan ikut menurunkan faksi yang berkonflik di sana, ini yang menjadi kekuatan, kita tidak memiliki kepentingan apapun baik di Rakhine state maupun Afghanistan,” tutur Jokowi.

Memang, terang Jokowi, konflik Rakhine State merupakan konflik lama dan sulit dicari solusinya. “Namun kita diberi kepercayaan oleh Sekjen PBB Antonio Guterres untuk jembatani, tim kita masuk Rakhine untuk melihat melihat langsung kondisi di sana.”

Menlu Retno Marsudi juga sudah ke sana. “Saya juga ke Cox Bazaar, Bangladesh untuk melihat kondisi Muslim di sana. Lebih dari 1,1 juta Muslim Rohingya mengungsi di sana dengan kondisi yang memprihatinkan,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, ia sudah menyampaikan di forum ASEAN agar kita bersama-sama memberi bantuan kepada Muslim Rohingya di sana. “Mereka hidup di tenda-tenda yang kondisinya memprihatinkan.”

Diketahui, dalam sesi tema hubungan internasional, moderator debat capres ketiga bertanya tentang apa keunggulan Indonesia yang akan ditawarkan dalam diplomasi internasional dan bagaimana strategi mewujudkannya

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi Sudah ke Cox Bazaar Jenguk Muslim Rohingya