alexametrics

Jokowi: Kita Diminta Ikut Meredakan Konflik di Rakhine State, Myanmar

30 Maret 2019, 22:25:27 WIB

JawaPos.com – Dalam debat capres keempat kali ini, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, diplomasi Indonesia ke luar negeri itu terdapat beberapa tujuan. Namun ada beberapa hal yang harus didahulukan.

Menurut Jokowi dalam diplomasi, kepentingan nasional kita yang harus dinomorsatukan, perlindungan terhadap WNI di luar negeri. “Selain itu, diplomasi harus bisa meningkatkan upaya untuk menjalin perdagangan, meningkatkan investasi dengan negara-negara lain,” katanya dalam debat keempat pilpres 2019, Sabtu (30/3).

Jokowi mengatakan, untuk masalah tarif dan non-tarif dalam perdagangan internasional bisa dibicarakan. Lewat diplomasi kita bisa bernegosiasi dengan negara lain.

debat capres, capres, jokowi, prabowo, rohingya, myanmar,
Sementara itu nobar di Senayan City, para pendukung Jokowi berteriak-teriak mendukung capres 01 tersebut. Terdapat ratusan pendukung Jokowi ikut nobar. Mereka terlihat gembira menyaksikan debat capres (Dyah Ratna Meta Novia/JawaPos.com)

“Kita punya diplomat yang pintar-pintar dan bisa menyelesaikan perjanjian itu. Kita telah menandatangani perjanjian dengan Australia, produk kita bisa masuk ke sana,” ujar Jokowi.

Indonesia, terang dia, sudah melakukan berbagai peran di dunia internasional. Salah satunya diminta untuk ikut meredakan konflik di Rakhine State, Myanmar. “Kita diminta PBB menengahi kembalinya Muslim Rohingya ke sana.”

Kita, lanjut Jokowi, juga diminta Afghanistan merukunkan faksi-faksi yang berkonflik di sana.

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, ia sudah mempelajari mengenai perang, tentang sejarah perang ribuan tahun lalu. Oleh karena itu, dia melihat hubungan antar negara harus mempertahankan kepentingan nasional, termasuk Indonesia.

Sementara itu nobar di Senayan City, para pendukung Jokowi berteriak-teriak mendukung capres 01 tersebut. Terdapat ratusan pendukung Jokowi ikut nobar. Mereka terlihat gembira menyaksikan debat capres keempat kali ini.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Jokowi: Kita Diminta Ikut Meredakan Konflik di Rakhine State, Myanmar