alexametrics

Gorila Tertua Di Dunia Meninggal, Ia akan Dirindukan

30 Januari 2018, 10:49:37 WIB

JawaPos.com – Setelah tiga bulan merayakan ulang tahunnya yang ke 60, Vila, salah satu gorila tertua di dunia meninggal dunia di San Diego Zoo Safari Park. Pada hari Jumat, petugas San Diego Zoo Safari Park mengumumkan bahwa gorila yang lahir di Kongo pada tahun 1957 ini meninggal dan dikelilingi oleh anggota keluarganya.

“Hanya ada sedikit gorila yang bisa mencapai usia tersebut. Gorila biasanya hidup selama 35-40 tahun,” kata Ketua Penjaga Hewan di Taman Safari di California, Peggy Sexton.

“Dia akan dirindukan oleh anggota kebun binatang, tamu, relawan dan staf,” kata kurator mamalia di taman safari, Randy Riches.

Seperti dilansir BBC, Minggu, (28/1), gorila tertua lainnya yang tinggal dalam perawatan manusia diperkirakan berusia 61 tahun yaitu Trudy yang dirawat di Little Rock Zoo di Arkansas. Seperti Vila, dia ditangkap dari alam liar.

Gorila terdaftar sebagai hewan yang keberadaannya sangat terancam oleh International Union for Conservation of Nature atau Badan Konservasi Alam Internasional. Ancaman terhadap spesies ini adalah orang yang memburu gorila untuk makanan, yang disebut bushmeat, dan hilangnya habitat akibat penebangan dan penambangan.

Selama 15 tahun terakhir, terjadi penurunan tajam jumlah gorila. Hampir setengah dari seluruh populasi spesies gorila diyakini telah musnah.

Editor : Indra Sanjaya

Reporter : (BBC/iml/JPC)



Close Ads
Gorila Tertua Di Dunia Meninggal, Ia akan Dirindukan