alexametrics

Ilmuwan Tiongkok Hentikan Edit DNA Bayi Usai Dikecam

29 November 2018, 15:54:35 WIB

JawaPos.com – Ilmuwan Tiongkok yang mengklaim telah menciptakan bayi pertama yang diedit secara genetik di dunia saat ini menghentikan percobannya. Ini dilakukan usai ia mendapat kecaman internasional atas prosedur yang sangat kontroversial tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera pada Rabu (28/11), Ahli Genetika sekaligus Profesor di Southern University of Science and Technology di Shenzhen, He Jiankui membela karyanya di depan konferensi biomedis di Hongkong. Ia mengatakan, kalau ia telah berhasil mengubah DNA anak perempuan kembar yang lahir dari ayah yang positif HIV.

Jika klaimnya terbukti benar, itu akan menjadi penemuan medis pertama terkait pengubahan DNA. “Untuk kasus ini, saya merasa bangga. Saya merasa paling bangga,” katanya ketika ditantang oleh beberapa rekan di KTT tentang Human Genome Editing di University of Hongkong.

mengedit dna bayi, dna, bayi, ilmuwan tiongkok,
Pengeditan DNA manusia dilarang di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, dan dikontrol ketat di negara lain (Population Growth)

“Saya harus minta maaf hasil ini bocor secara tidak terduga. Uji klinis dihentikan sementara karena situasi saat ini,” tambahnya.

Kasus ini mendorong perdebatan sengit di kalangan komunitas ilmiah, dengan banyak kekhawatiran tentang kurangnya data terverifikasi dan risiko mengekspos embrio yang sehat untuk mengedit gen.

Prosedur ini merupakan perbaikan potensial untuk mencegah penyakit yang diwariskan tetapi sangat kontroversial karena perubahan akan diwariskan ke generasi mendatang dan akhirnya dapat mempengaruhi seluruh gen. Pengeditan DNA manusia dilarang di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, dan dikontrol ketat di negara lain.

Dalam video yang diunggah minggu ini,ia mengatakan, kalau dia menggunakan teknologi pengeditan gen yang dikenal sebagai CRISPR-Cas9 untuk mengubah gen embrio gadis kembar yang lahir bulan ini.

Dia mengatakan, ia mengedit gen untuk melindungi gadis kembar itu dari infeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Tetapi para ilmuwan dan Pemerintah Tiongkok telah mengecam pekerjaan dan rumah sakit yang terkait persetujuan etisnya telah dipalsukan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Ilmuwan Tiongkok Hentikan Edit DNA Bayi Usai Dikecam