JawaPos Radar

Gelombang Panas di Korsel Sudah Renggut Nyawa 10 Orang

29/07/2018, 11:52 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Gelombang Panas di Korsel Sudah Renggut Nyawa 10 Orang
Gelombang panas juga menyerang Korsel dan Korut (The Watchers)
Share this

JawaPos.com - Gelombang panas yang melanda Jepang ternyata terasa juga di negara tetangga Korea. Kumagaya telah memecahkan rekor cuaca terpanas di Jepang sepanjang sejarah yakni 41,1 derajat Cilcius.

Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) juga turut merasakan panasnya gelombang panas. Suhu di Ekawasaki yang terletak di pulau Shikoku juga mencapai 41 derajat Celcius.

Temperatur yang tinggi membuat udara menjadi lembab dan panas. Di Jepang sudah puluhan orang meninggal, di Korsel sebanyak 10 orang meninggal karena gelombang panas tersebut.

Gelombang Panas di Korsel Sudah Renggut Nyawa 10 Orang
Warga Jepang bertahan dari gelombang panas (AFP)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea menyatakan, sebanyak 10 orang tewas akibat heat stroke dan penyebab lainnya yang diakibatkan oleh gelombang panas. Selain itu, sekitar 1.040 orang jatuh sakit karena cuaca panas yang dimulai sejak 20 Mei hingga 21 Juli.

Angka tersebut kemudian menunjukkan adanya peningkatan sebesar 61 persen dibanding tahun lalu. Lembaga Cuaca Korsel juga mencatat bahwa selama gelombang panas menerjang, suhu terendah di Kota Gangneung mencapai 31 derajat Celcius. Sedangkan Seoul mecapai 29,2 derajat Celcius.

Di Korsel, Kota Hayang yang berada di tenggara menjadi kawasan dengan suhu panas tertinggi sepanjang tahun ini yang mencapai 39,9 derajat Celcius.

Seperti dilansir News Scientist, lain halnya dengan Korsel di Korut para penduduk mulai mengantisipasi dengan menggunakan parasol untuk berlindung dari panas. Di Pyongyang, Ibu Kota Korut, suhu mencapai 34 derajat Celcius.

 

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up