JawaPos Radar

Berikut Kondisi yang Menimbulkan Penyakit Akibat Gelombang Panas

29/07/2018, 13:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Berikut Kondisi yang Menimbulkan Penyakit Akibat Gelombang Panas
Jepang terkena gelombang panas yang menewaskan banyak orang (Asia One)
Share this

JawaPos.com - Gelombang panas Jepang tentunya menimbulkan berbagai macam penyakit. Resiko penyakit dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut termasuk kondisi lingkungan, keadaan tubuh, dan intensitas aktivitas. Ini semua mempengaruhi tubuh terserang berbagai penyakit sebagai imbas suhu panas tersebut.

Selain itu, kondisi lingkungan dengan suhu tinggi, kelembaban tinggi, dan kurangnya angin ikut mempengaruhi. Dehidrasi juga merupakan faktor yang disebabkan oleh menyengatnya cuaca.

Dalam suhu normal, tubuh biasanya mampu mendinginkan suhunya sendiri setelah mengeluarkan keringat. Melansir laman Ministry of the Environment, JawaPos.com telah merangkum beberapa hal penyebab datangnya penyakit rentan saat cuaca panas ekstrim.

Berikut Kondisi yang Menimbulkan Penyakit Akibat Gelombang Panas
Gadis Jepang berusaha bertahan dari gelombang panas (Reuters)

Tiga kondisi yang menyebabkan timbulnya penyakit akibat gelombang panas adalah:

1. Melalui lingkungan, suhu yang tinggi, kelembaban yang tinggi, sedikitnya angin, paparan cahaya matahari yang kuat, kurangnya ventilasi udara, dan kurangnya pendingin ruangan.

2. Melalui tubuh manusia, orang-orang usia lanjut, juga yang mengalami kegemukan, penderita penyakit seperti diabetes dan penyakit kejiwaan. Dehidrasi dan diare serta tidur yang tidak cukup juga membuat tubuh rentan terserang penyakit, khususnya pada saat cuaca ekstrim.

3. Melalui aktivitas, melakukan aktivitas di luar rumah secara berlebihan, terlalu lama berkegiatan di luar ruangan dan dehidrasi juga dapat memicu beberapa penyakit.

Oleh karena itu, warga Jepang diimbau untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah hal buruk yang ditimbulkan akibat gelombang panas dengan menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan nyaman, menghindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, serta menggunakan pelindung seperti payung maupun topi saat keluar rumah. Hal yang paling penting tentu saja untuk banyak minum air putih sehingga tidak membuat tubuh dehidrasi.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up