Vaksin Pfizer dan Sinovac Disebut Aman untuk Pasien Kardiovaskular

29 Juni 2022, 09:49:04 WIB

JawaPos.com – Pasien dengan riwayat penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung tetap bisa mendapatkan vaksin sesuai rekomendasi dokter. Mereka adalah kelompok komorbid yang rentan terkena Covid-19. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan dua merek vaksin yakni Pfizer-BioNTech dan Sinovac aman untuk pasien kardiovaskular.

Vaksin itu tidak terkait dengan peningkatan risiko kejadian kardiovaskular yang merugikan. Terutama bagi mereka dengan kondisi yang sudah terkontrol. Hal itu sesuai data yang diterbitkan dalam Cardiovascular Research.

“Riwayat kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya tidak boleh mencegah individu menerima vaksin Pfizer atau CoronaVac dari Sinovac,” kata profesor di departemen farmakologi dan farmasi dan pemimpin penelitian di Pusat Praktik dan Penelitian Obat Aman di The Universitas Hongkong, Esther Wai Yin Chan, PhD, FSHP kepada Healio.

“Temuan penelitian kami dapat memandu dokter dan anggota masyarakat umum dalam mengambil keputusan. Terutama pasien dengan riwayat penyakit tertentu, untuk mempertimbangkan risiko dan manfaat menerima vaksin,” jelasnya.

Chan dan rekannya menganalisis data dari 229.235 orang dewasa dengan riwayat kardiovaskular sebelum Februari 2021 dengan semua data terkait dengan catatan vaksin dari Hongkong.

“Penelitian di masa depan diperlukan untuk memantau risiko setelah dosis ketiga dan selanjutnya dari vaksinasi dan menilai vaksin Covid-19 lainnya,” kata Chan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa vaksinasi Covid-19 aman untuk orang dengan riwayat miokarditis. Vaksinasi Covid-19 pada pasien dengan riwayat miokarditis akut tidak terkait dengan risiko miokarditis berulang atau efek samping serius lainnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: