alexametrics

Tiongkok Bakal Miliki Vaksin mRNA seperti AS, Manjur Lawan Covid-19

29 Juni 2022, 13:07:03 WIB

JawaPos.com – Amerika Serikat sudah memiliki 2 vaksin Covid-19 dengan metode mRNA yakni Pfizer dan Moderna. Tiongkok tak mau ketinggalan dan mengembangkan vaksin Covid-19 dengan metode serupa. Vaksin tersebut dikenal dengan ArCoV.

Tiongkok segera menyetujui vaksin mRNA pertamanya untuk melindungi orang dari Covid-19. Dalam uji klinis kecil, kandidat vaksin tersebut diklaim memicu respons antibodi yang lebih kuat pada orang dewasa sebagai booster dibanding vaksin virus tak aktif seperti Sinovac.

ArCoV menjadi kandidat kuat vaksin mRNA pertama yang disetujui di Tiongkok. Vaksin mRNA diklaim efektif mengurangi kemungkinan infeksi serius akibat Covid-19 dan butuh perawatan di rumah sakit.

Sejauh ini, regulator obat Tiongkok telah menyetujui tujuh vaksin Covid-19. Sebagian besar penduduk Tiongkok sudah divaksinasi dengan salah satu dari 2 vaksin virus yang tidak aktif, baik CoronaVac dari Sinovac atau BBIBP-CorV dari Sinopharm.

Vaksin virus yang tidak aktif efektif dalam mengurangi risiko rawat inap dan kematian, tetapi memberikan perlindungan yang lebih sedikit daripada 2 vaksin mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer–BioNTech dan Moderna.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: