alexametrics

Catat Rekor, Wanita Ini jadi Orang Tercepat di Bumi

29 Juni 2020, 21:52:14 WIB

JawaPos.com – Pada Agustus 2019 lalu, ada sebuah tragedi di dunia otomotif. Tragedi tersebut adalah kecelakaan fatal yang dialami seorang wanita bernama Jessi Combs dalam upaya memecahkan rekor dunia baru.

Kecelakaan yang menewaskan dirinya itu adalah di mana dirinya mencoba untuk membuat rekor kecepatan darat baru. Dirinya saat itu berambisi untuk menjadi wanita tercepat di dunia, dengan sebuah kendaraan yang dirancang khusus.

Sekarang, Guinness Book of World Records akhirnya mengakui prestasi yang coba dipecahkannya. Lembaga independen pencatat rekor dunia itu secara resmi menyebut Combs sebagai wanita tercepat di dunia dengan empat roda.

Organisasi memberinya gelar untuk “rekor kecepatan darat tercepat (wanita). Dilansir dari laman resmi Guinness Book of World Record Combs tercatat sebagai wanita yang pernah mencapai kecepatan 522,783 mil per jam (841,338 kilometer per jam).

Combs mengendarai mobil yang dimodifikasi khusus dengan mesin jet di danau kering di Gurun Alvord Oregon.Hal itu dilakukan dalam upaya mengalahkan kecepatan sebelumnya, 398 mph (641 kph) di sana pada tahun 2013. Dia mampu menyelesaikan jarak tempuhnya sebelum menabrak, dan ini kemudian adalah angka yang diserahkan kepada Guinness.

Kecepatan barunya sudah cukup untuk menggulingkan Kitty O’Neil yang memegang rekor 512,7 mph (825.1 kph) yang telah berdiri sejak 1976. Combs baru berusia 39 tahun ketika dia meninggal.

Bahkan pada usia yang relatif muda, ia mendapat posisi terhormat di dunia otomotif yang sebagian besar didominasi pria sebagai perakit dan tuner mobil yang terampil, pembalap, dan pembawa acara media di acara seperti Overhaulin, Xtreme 4×4, Mythbusters, dan All Girls Garage.

Combs mencapai kesuksesan balap di jauh lebih dari sekadar rekor kecepatan darat. Dia adalah wanita pertama yang mencetak gol kemenangan kelas Ultra4 King of the Hammers dan memenangkan Kejuaraan Nasional dalam seri tersebut. Dia juga meraih posisi ke-2 di kelasnya di Baja 1000 2011.

Untuk merayakan hidupnya, Museum Otomotif Petersen di Los Angeles mengadakan pameran pada tahun 2019 yang disebut Jessi Combs: Life At Full Speed. Termasuk pajangan motornya, peralatan las, dan piala balap capaiannya. Sumbangan selama acara tersebut diberikan kepada Yayasan Jessi Combs untuk mendukung wanita di bidang mekanik.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads