alexametrics

Malaysia Longgarkan Pembatasan, Di Luar Ruangan Tak Wajib Pakai Masker

29 April 2022, 14:33:06 WIB

JawaPos.com – Malaysia mulai melonggarkan pembatasan Covid-19. Salah satunya dengan membebaskan orang bahwa pakai masker saat di luar ruangan adalah tidak wajib. Selain itu, syarat pengujian di bandara juga tak wajib lagi.

Malaysia menghapus syarat wajib tes pada semua pelancong yang sudah divaksinasi dan masuk ke negara itu mulai 1 Mei. Pengecualian awalnya diberikan ke Singapura saja. Kini mengenakan masker di luar ruangan juga akan menjadi opsional dan jarak fisik tidak lagi diperlukan.

“Sistem perawatan kesehatan dan kasus dalam perawatan mulai turun,” kaya Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin.

“Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya memperhatikan langkah-langkah preventif pemerintah,” tambahnya.

Pengumuman itu menandai tonggak penting lainnya bagi Malaysia sejak membuka kembali perbatasannya bulan ini dan mengabaikan persyaratan karantina untuk pengunjung yang divaksinasi. Pelonggaran itu sejalan dengan transisi negara ke fase endemi wabah, karena tingkat vaksinasi yang tinggi membuat penerimaan di rumah sakit tetap rendah.

Keputusan Malaysia itu sehari setelah Singapura mengakhiri sebagian besar pembatasan virusnya, dan tepat ketika negara itu akan merayakan Lebaran. Malaysia Kamis lalu mencabut karantina wajib untuk kontak dekat Covid-19. Kasus terus turun bahkan ketika Malaysia secara bertahap membatalkan pembatasan virus selama dua tahun. Infeksi harian turun di bawah 5.000 dalam dua minggu terakhir, angka yang tidak terlihat sejak Januari. Jumlah kasus aktif telah mengalami tren penurunan sejak pertengahan Maret, dengan hanya 2,5 persen dari mereka dirawat di rumah sakit menurut data resmi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: