alexametrics

Kurz: tak Ada Tempat bagi Ultrakanan Maupun Ultrakiri di Austria

29 Maret 2019, 15:05:20 WIB

JawaPos.com – Ada jarak sekitar 18 ribu kilometer yang membentang antara Kota Christchurch di Selandia Baru dan Kota Wina di Austria. Namun, aksi penembakan di Christchurch pertengahan Maret lalu berdampak serius di negara yang dipimpin Kanselir Sebastian Kurz tersebut. Austria mengharamkan organisasi ultrakanan Identitarian Movement (IBOe) karena berkaitan dengan si teroris.

Agence France-Presse menyatakan bahwa Austria memeriksa IBOe sejak awal pekan ini. Tepatnya, setelah menerima informasi tentang aliran dana dari teroris Christchurch ke organisasi yang dipimpin Martin Sellner itu. Konon, Sellner menerima sumbangan 1.500 euro (sekitar Rp 24 juta). Aparat pun menggeledah apartemen Sellner pada Senin (25/3).

’’Investigasi masih berjalan. Yang jelas, radikalisme harus dimusnahkan,’’ ujar Kurz sebagaimana dilansir The Guardian. Radikalisme yang dia maksud adalah fanatisme Islam dan gerakan ekstrem. Baik ultrakanan maupun ultrakiri.

Setelah memastikan Sellner menerima donasi dari Brenton Tarrant untuk IBOe, aparat Austria kini mengevaluasi laporan tentang organisasi yang dianggap radikal tersebut. Jika memang terbukti menganut paham radikal, IBOe bisa dikategorikan sebagai organisasi terlarang. Karena itu, Kurz harus membubarkannya. ’’Jika IBOe memang terbukti sebagai kelompok teroris, kami akan menempuh upaya hukum,’’ tegas Kurz.

Kini IBOe menjadi sorotan publik Austria. Partai Freedom yang konservatif langsung memutuskan hubungan dengan kelompok tersebut. Bahkan, Ketua Freedom Heinz-Christian Strache menjauhkan diri dari IBOe dan Sellner.

Padahal, Strache yang juga menjabat wakil kanselir Austria itu sempat menyebarluaskan video IBOe dan memberikan pujian terhadap kelompok tersebut. ’’Semua hubungan dengan pembunuh keji Christchurch harus disapu bersih,’’ ujar Strache.

Sementara itu, Sellner membantah rumor yang menyebutkan bahwa dirinya mempunyai hubungan dengan Tarrant. Tetapi, dia tidak menampik bahwa IBOe mendapatkan aliran dana dari pelaku penembakan Christchurch tersebut. ’’Saya tidak punya hubungan apa-apa dengannya,’’ ungkap Sellner.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (bil/c20/hep)



Close Ads
Kurz: tak Ada Tempat bagi Ultrakanan Maupun Ultrakiri di Austria