alexametrics

Erdogan: Sudah Waktunya Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

29 Maret 2019, 09:44:09 WIB

JawaPos.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, ia ingin mengubah Hagia Sophia yang kini merupakan museum menjadi masjid kembali. Dilansir dari Euronews pada Kamis (28/3), Hagia Sophia yang disebut Ayasofya di Turki, dulunya adalah masjid dan gereja di masa lalu.

Selama hampir 900 tahun, setelah dibangun pada 537 oleh Kaisar Bizantium Justinian, Hagia Sophia sebenarnya katedral Kristen Ortodoks Yunani. Dari 1453 hingga 1931 Hagia Sophia diubah menjadi salah satu masjid terbesar Islam, di bawah Kekaisaran Ottoman.

Hagia Sophia menjadi museum pada tahun 1934 berdasarkan dekrit dari Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern. Status sekuler ini memungkinkan penyembah dari semua agama untuk berwisata ke sana dan menikmati bangunan yang indah tersebut.

hagia sophia, turki, masjid, erdogan,
Status sekuler ini memungkinkan penyembah dari semua agama untuk berwisata ke sana dan menikmati bangunan yang indah tersebut (Dyah Ratna Meta Novia/JawaPos.com)

Status ini sering menciptakan ketegangan antara Muslim dan Kristen, karena bacaan Alquran atau doa kolektif kadang-kadang diadakan di Hagia Sophia.

Tetapi Erdogan mengatakan, itu menjadi kesalahan yang sangat besar mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Turki mengadakan pemilihan kota pada 31 Maret dan pengumuman itu diyakini menjadi bagian dari kampanye Erdogan untuk partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP). Perubahan status lebih lanjut akan dibahas setelah pemilihan umum.

Pada 2013 Erdogan mengatakan, ia tidak akan mempertimbangkan untuk mengubah status Hagia Sophia. Namun dia mengatakan bahwa ada permintaan di antara orang-orang Turki agar Hagia Sophia diubah menjadi masjid lagi.

Keputusan Erdogan berisiko membuat marah Yunani, tetangga Turki, dan musuh sejarah. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengunjungi Hagia Sophia setelah bertemu dengan Erdogan bulan lalu.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna



Close Ads
Erdogan: Sudah Waktunya Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid