alexametrics

Dubes Tiongkok Bantah Ada Kamp Konsentrasi untuk Muslim Uighur

28 Desember 2018, 19:17:27 WIB

JawaPos.com – Duta Besar Tiongkok di Indonesia Xiao Qian mengatakan, isu mengenai kamp konsentrasi untuk Muslim Uighur adalah salah. Pada konferensi pers usai bertemu dengan jajaran PP Muhammadiyah, dia mengatakan, itu adalah sekolah pelatihan dan pendidikan vokasi.

“Soal dugaan kamp indoktrinasi itu tidak benar, tempat itu merupakan lembaga pelatihan dan pendidikan vokasi bagi pemberdayaan masyarakat di Xinjiang,” kata Xiao Jumat (28/12).

Dia juga mengatakan, Tiongkok adalah negara yang menghormati suku maupun agama. Tiongkok juga menghormati hak kebebasan beragama yang dilindungi Undang-undang.

muslim uighur, uighur, tiongkok, aksi bela muslim uighur,
Muslim Uighur ditangkap Pemerintah Tiongkok di kamp konsentrasi (Mvslim)

“Ada 23 juta total Muslim di Tiongkok. Sekitar 14 juta Muslim tinggal di Xinjiang. Muslim di Xinjiang berasal dari 10 etnis yang berbeda,” katanya.

“Masyarakat di sana bisa secara penuh menikmati kebebasan dan hak beragama yang dilindungi UU. Jadi, reedukasi itu nggak benar,” ujarnya.

Xiao juga meminta masyarakat Indonesia termasuk organisasi serta komunitas Muslim mengunjungi Tiongkok. Menurut dia, umat Islam di Indonesia harus bisa melihat sendiri seperti apa situasi di sana.

Komentar ini dikatakan oleh Xiao karena adanya protes keras dari masyarakat Indonesia yang menduga Tiongkok melakukan persekusi kepada Muslim Uighur.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/iml/JPC)

Close Ads
Dubes Tiongkok Bantah Ada Kamp Konsentrasi untuk Muslim Uighur