alexametrics

Respons Tiongkok Terkait UU Amerika yang Dukung Demonstran Hongkong

28 November 2019, 19:15:05 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani undang-undang yang isinya secara garis besar mendukung demonstran Hongkong yang prodemokrasi. Terkait hal itu, Tiongkok langsung merespons. Pada Kamis (28/11), Tiongkok akan mengambil langkah-langkah balasan sebagai tanggapan atas undang-undang AS yang mendukung para pemrotes anti-pemerintah di Hongkong. Selain itu, Tiongkok mengatakan upaya untuk turut campur tangan di Hongkong akan gagal.

Baca juga: Dalih Perdamaian, Trump Setuju Aturan yang Dukung Demonstran Hongkong

Pihak Beijing memperingatkan bahwa AS akan memikul konsekuensi dari tindakan balasan mereka andai terus bertindak sewenang-wenang terkait Hongkong. Pemerintah Hongkong yang didukung Beijing mengatakan undang-undang itu mengirim sinyal yang salah kepada para demonstran dan jelas-jelas mencampuri urusan internal Hongkong.

Protes anti-pemerintah selama enam bulan telah mengguncang kota yang dikuasai Tiongkok. Bahkan memaksa bisnis, pemerintah, sekolah, dan bandara internasional ditutup. Hongkong sendiri saat ini tengah menikmati kondisi tenang. Itu setelah digelar pemilihan dewan distrik pada Minggu (24/11) yang memberikan kemenangan besar bagi kandidat prodemokrasi.

Undang-undang itu pada intinya mengharuskan Departemen Luar Negeri untuk menyatakan, setidaknya setiap tahun, Hongkong mempertahankan otonomi yang cukup terkait persyaratan perdagangan AS yang menguntungkan sebagai pusat keuangan dunia. Undang-undang juga mengancam pemberian sanksi untuk pelanggaran hak asasi manusia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara


Close Ads