alexametrics

Presiden Ukraina Peringatkan Potensi Perang Lawan Rusia

28 November 2018, 17:28:16 WIB

JawaPos.com – Presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingatkan bahwa ada ancaman perang skala penuh bila ketegangan militer terus meningkat antara Ukraina dan Rusia. Peringatan itu dikeluarkan Poroshenko pascainsiden bentrokan di laut Semenanjung Krimea akhir pekan kemarin.

“Saya tidak ingin ada yang berpikir ini menyenangkan dan permainan. Ukraina berada di bawah ancaman perang skala penuh dengan Rusia,” kata Poroshenko seperti dimuat Channel News Asia (Rabu, 28/11).

Dia mengklaim, jumlah unit Rusia yang dikerahkan di sepanjang perbatasan Ukraina-Rusia telah tumbuh secara dramatis. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), jumlah tank Rusia telah meningkat tiga kali lipat.

ukraina, rusia, perang,
Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinan serius atas keputusan Ukraina yang memberlakukan darurat militer (Picture-Alliance)

Dia mengutip laporan intelijen tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinan serius atas keputusan Ukraina yang memberlakukan darurat militer.  Pernyataan itu  disampaikan setelah konfrontasi di laut antara kedua negara.

Seperti dilansir DW, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinan serius atas keputusan pemerintahan di Kiev untuk menempatkan pasukan bersenjatanya dalam posisi siaga dan untuk memperkenalkan darurat militer.

Melalui sebuah percakapan telepon dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Putin berharap pemimpin Jerman dapat campur tangan untuk mengendalikan situasi. Ia tak ingin terjadi perang antara Rusia dan Ukraina.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)



Close Ads
Presiden Ukraina Peringatkan Potensi Perang Lawan Rusia