JawaPos Radar

Dinilai Berjasa, Vietnam Kenang Jasa Senator AS McCain

28/08/2018, 15:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Dinilai Berjasa, Vietnam Kenang Jasa Senator AS McCain
Wafatnya Senator Amerika Serikat (AS) John McCain Sabtu lalu meninggalkan banyak kenangan bahwa dirinya dicintai oleh banyak orang (Business Insider)
Share this

JawaPos.com - Wafatnya Senator Amerika Serikat (AS) John McCain Sabtu lalu meninggalkan banyak kenangan bahwa dirinya dicintai oleh banyak orang. Setelah berbagai ungkapan bela sungkawa, McCain yang semasa hidupnya pernah menjadi tawanan perang di Vietnam ternyata memiliki peran penting bagi Vietnam.

Menteri Luar Negeri Negara Asia Tenggara Pham Binh Minh mengatakan, Senator AS John McCain adalah lambang generasi yang membantu menyembuhkan luka perang, yakni dengan mendorong normalisasi hubungan diplomatik dengan Vietnam. McCain yang merupakan mantan tawanan perang di Vietnam.

Ia meninggal Sabtu lalu di usia 81 tahun. "Bagi pemerintah Vietnam dan rakyatnya, Senator McCain adalah simbol generasi senatornya, dan para veteran perang Vietnam," kata Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh dalam sebuah buku bela sungkawa di Kedutaan AS di Hanoi pada Senin, (28/8).

"Dialah yang memimpin dalam penyembuhan luka perang secara signifikan, dan menormalkan dan mempromosikan kemitraan komprehensif Vietnam-AS," sambung Minh seperti dilansir Channel News Asia.

McCain telah menjadi salah satu pendukung paling vokal di Washington dalam mendukung normalisasi kali dengan Vietnam yang dipimpin Komunis yang merupakan mantan musuh Amerika Serikat. Hubungan publiknya dengan negara Asia Tenggara dimulai sebagai penerbang angkatan laut selama Perang Vietnam, saat itu pesawatnya ditembak jatuh selama misi pemboman atas Hanoi pada 1967 silam.

Dia mengalami luka-luka saat menjadi tawanan perang di Vietnam, kedua tangan beserta kakinya patah. Ia juga dipukuli dan menghabiskan waktu bertahun-tahun sebagai tawanan perang di Penjara Hoa Lo atau dikenal sebagai Hanoi Hilton.

Kini monumen yang menjadi tempat ditangkapnya McCain terletak di tepi danau Hanoi telah berubah menjadi kuil de facto bagi senator itu. Orang Vietnam maupun warga AS di Hanoi telah berbondong-bondong ke monumen beton abu-abu untuk meninggalkan bunga, dupa, bendera dan upeti lainnya kepada McCain.

"Belasungkawa kepada senator dan veteran perang John McCain, yang sangat berkontribusi pada normalisasi hubungan Vietnam-AS," begitu isi sebuah pesan dalam bahasa Vietnam di monumen tersebut.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up