JawaPos Radar

Indahnya Wadi Wurayah, Cagar Biosfer Pertama di Uni Emirat Arab

28/07/2018, 06:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Indahnya Wadi Wurayah, Cagar Biosfer Pertama di Uni Emirat Arab
Wadi Wurayah kemudian menjadi rumah bagi 81 spesies burung, 20 spesies mamalia, serta setidaknya sembilan spesies reptil dan amfibi juga 467 invertebrata (Gulf News)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu situs alam, Wadi Wurayah di Fujairah, Uni Emirates Arab (UEA) telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (Unesco).

Lewat akun resmi Twitter-nya, Unesco mengumumkan, situs alam Fujairah telah memenangkan penghargaan bergengsi. Penghargaan diberikan kepada kawasan lindung tersebut karena menunjukka hubungan yang seimbang antara manusia dan alam.

Menurut Kantor Berita resmi WAM, situs tersebut adalah salah satu dari 24 situs alami yang memenangkan stastus yang didambakan. Seperti dilansir Gulf News, Wadi Wurayah terletak di Fujairah. Situs tersebut terdiri dari daerah resapan air di iklim kering yang merupakan bagian dari Pegunungan Hajar.

Indahnya Wadi Wurayah, Cagar Biosfer Pertama di Uni Emirat Arab
Terletak di Pegunungan Hajar di Fujairah, Wadi Wurayah dinyatakan sebagai Kawasan Lindung Gunung Pertama di UEA (Gulf News)

Kawasan tersebut dikenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Letaknya di Semenanjung Arab dan merupakan salah satu tempat di Emirat terakhir yang masih mempertahankan praktik pertanian tradisional.

Wadi Wurayah kemudian menjadi rumah bagi 81 spesies burung, 20 spesies mamalia, serta setidaknya sembilan spesies reptil dan amfibi juga 467 invertebrata. Terletak di Pegunungan Hajar di Fujairah, Wadi Wurayah dinyatakan sebagai Kawasan Lindung Gunung Pertama di UEA.

Di sana terdapat beberapa hewan paling langka di dunia di Wadi Wurayah antara lain rubah blanford, macan tutul arab, dan kijang gunung. Selain berbagai macam hewan langka, formasi bebatuan yang menakjubkan juga menjadi surga bagi para ahli geologi.

Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan Thani Ahmad Al Zeyoudi mengatakan, penghargaan terhadap Wadi Wurayah adalah penghargaan yang bergengsi karena menempatkan perlindungan lingkungan setara dengan pembangunan manusia dan ekonomi. Memposisikan negara di peta global sebagai pemimpin dalam mempertahankan dan melestarikan lingkungan.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up