JawaPos Radar

Mulai Sekarang Turis Israel dan Indonesia Bisa Saling Kunjung Kembali

28/06/2018, 12:02 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Mulai Sekarang Turis Israel dan Indonesia Bisa Saling Kunjung Kembali
Turis Israel dan Indonesia bisa saling mengunjungi negara masing-masing (The Jerusalem Post)
Share this image

JawaPos.com - Setelah sebelumnya ada larangan wisatawan Israel masuk Indonesia dan sebaliknya, kini larangan itu telah dihapuskan. Hal itu merupakan hasil dialog antarkedua negara melalui berbagai saluran internasional pada Rabu lalu.

Seperti dilansir The Jerusalem Post, Kamis (27/6), kedua negara, baik Israel dan Indonesia, sepakat mencabut larangan bagi wisatawan untuk saling mengunjungi negara satu sama lain. Saat ini Israel dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik, sebab Indonesia tak ingin melukai Palestina.

Kemenlu Israel mengatakan, langkah pencabutan larangan itu dilakukan setelah mereka melakukan kontak antara otoritas Israel dan saluran internasional. Namun seperti dilansir Anadolu, Kemenlu Israel tak memberikan penjelasan secara rinci.

Mulai Sekarang Turis Israel dan Indonesia Bisa Saling Kunjung Kembali
Peziarah Indonesia berkunjung ke Israel (Haaretz)

Pada awal Mei, Indonesia dilaporkan memberi lampu hijau untuk mengeluarkan visa turis bagi warga Israel yang tertarik untuk mengunjungi negara Muslim terbesar di dunia itu. Namun dua pekan kemudian usai terjadi eskalasi kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza dan demonstrasi di Jakarta di luar Kedutaan AS, Indonesia kembali memutuskan untuk melarang masuknya warga Israel ke negaranya.

Akibatnya, Kementerian Luar Negeri Israel juga membalas dengan memutuskan untuk melarang turis Indonesia masuk Israel pada akhir Mei. Meskipun kurangnya hubungan diplomatik antarkedua negara, namun sekitar 36 ribu turis Indonesia datang ke Israel pada 2017, naik 60 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah turis Indonesia yang main ke Israel jauh lebih tinggi daripada turis dari Belgia dan negara Skandinavia mana pun. Rata-rata turis Indonesia datang ke Israel merupakan bagian paket perjalanan ke Mesir, Bethlehem, Jericho, dan Yordania.

Meski tak banyak diketahui, selama ini sebenarnya Israel mengekspor barang-barang ke Indonesia senilai USD 121 juta pada 2016. Israel hanya mengimpor barang-barang dari Indonesia senilai USD 43 juta.

(ce1/met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up