alexametrics

Warga Palestina Nekat Terobos Blokade Laut Israel

28 Mei 2018, 15:15:55 WIB

JawaPos.com – Warga Palestina yang berada di Jalur Gaza akan menerobos blokade laut yang dibandung Israel dengan kapal. Hal ini dilakukan setelah unjuk rasa yang dilakukan berminggu-minggu yang menyebabkan tewasnya puluhan warga Palestina.

Kapal akan berangkat pada Selasa, (29/5), pukul 11.00 waktu setempat. Rencananya mereka akan membawa pasien yang membutuhkan perawatan medis, mahasiswa, dan lulusan universitas yang mencari pekerjaan.

“Kapal itu juga membawa mimpi rakyat kami dan aspirasi mereka untuk kebebasan”, kata warga Palestina yang akan menerobos blokade laut Israel, Salah Abdul-Ati dalam konferensi persnya di pelabuhan Kota Gaza di Pantai Mediterania seperti dilansir Reuters, Senin, (28/5).

Ia meminta PBB dan badan internasional lainnya untuk melindungi kapal-kapal yang berangkat dari daerah kantong yang dipimpin oleh gerakan Hamas. Ini akan menjadi upaya penerobosan pertama kalinya yang dilakukan oleh warga Gaza.

Angkatan Laut Israel sering menembakkan tembakan peringatan ke arah warga Palestina yang menerobosnya. Kapal itu kemungkinan akan menghadapi tantangan panjang untuk berhasil melewati pasukan Israel.

Rencana itu datang menjelang ulang tahun yang kedelapan dari serangan mematikan terhadap Mavi Marmara yang mengangkut para aktivis kemanusiaan Turki. Mereka adalah salah satu bagian dari armada enam kapal yang berusaha untuk menghancurkan blokade Israel dan memasuki Gaza.

Sembilan aktivis Turki tewas dalam operasi tersebut. Lainnya dinyatakan meninggal di rumah sakit pada tahun 2014.

Jalur Gaza telah diblokade Israel selama lebih dari satu dekade. Mesir juga menjaga perbatasannya dengan Gaza dan sebagian besar ditutup dalam beberapa tahun terakhir. Namun mereka telah membukanya hanya untuk di bulan suci Ramadan.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (iml/JPC)

Warga Palestina Nekat Terobos Blokade Laut Israel