JawaPos Radar

Tolong Bocah Malang, Macron Undang Gassama ke Istana Elysee

28/05/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Tolong Bocah Malang, Macron Undang Gassama ke Istana Elysee
Presiden Prancis Emmanuel Macron undang pemuda Mali karena menyelamatkan bocah malang (Hamodia)
Share this

JawaPos.com - Seorang laki-laki muda asal Mali dielu-elukan sebagai pahlawan atas aksi heroiknya menyelamatkan bocah malang berusia empat tahun yang terjebak dan tergantung di balkon lantai empat. Insiden tersebut terjadi pukul 08:00 waktu setempat di Paris Utara pada Sabtu, (26/5).

Tanpa memikirkan keselamatan dirinya, ia kemudian menyelamatkan bocah malang tersebut dengan memanjat bagian depan gedung dan menangkapnya dengan satu tangan. Kemudian pemuda itu langsung membawa bocah malang tersebut ke tempat yang aman. Mamoudou Gassama hanya butuh beberapa detik untuk menyelamatkan bocah tersebut.

Aksi heroiknya tersebut menjadi viral ketika video penyelamatannya beredar di jejaring sosial dan dilihat hingga jutaan kali. Saat ditemui wartawan 24 jam setelah aksi penyelamatannya, Gassama mengatakan, ia bertindak tanpa berpikir. "Saya melihat orang-orang berteriak dan banyak mobil membunyikan klaksonnya. Lalu saya naik ke atas seperti itu dan terima kasih Tuhan, saya berhasil menyelamatkan anak itu," katanya.

Dalam sebuah rekaman video penyelamatan tersebut menunjukkan, pemuda asal Mali yang merupakan negara bagian di Afrika Barat, Gassama, 22 tahun, merambat menuju balkon dengan tangan kosong saat seorang pria mencoba memegang bocah malang tersebut. Gassama kemudian menumpukkan satu kakinya di atas balkon sebelum mengulurkan tangan kanannya untuk meraih bocah tersebut. Tak lama petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian untuk memastikan apakah bocah malang tersebut sudah berhasil diselamatkan.

"Untungnya ada seseorang yang sehat secara fisik dan memiliki keberanian untuk menyelamatkan anak itu," kata Juru Bicara Pemadam Kebakaran. Seperti dilansir AFP, Senin, (28/5), Walikota Paris Anne Hidalgo memuji dan memberi apresiasi atas tindakan berani yang dilakukan Gassama. Ia bahkan menelponnya secara pribadi untuk menyampaikan ucapan terima kasih.

"Ia menjelaskan telah tiba dari Mali beberapa bulan yang lalu dan bermimpi untuk memulai kehidupannya di sini. Saya mengatakan kepadanya bahwa tindakan heroik yang dilakukannya merupakan contoh bagi semua warga. Paris jelas akan mendukungnya untuk menetap di Prancis," ungkap Hidalgo.

Selain Waikota Paris, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mengundang Gassama ke Istana Elysee atas apreasi tindakan heroiknya menyelamatkan warganya pada Senin, (28/5).

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up