alexametrics

Presiden Ukraina Direncanakan Berbicara di Oscars 2022

28 Maret 2022, 12:25:54 WIB

JawaPos.com – 94th Academy Awards atau Oscars 2022, tampaknya, akan lebih dari sekadar ajang penghargaan bagi industri film dan layar kaca. Acara yang digelar pagi ini (28/3) WIB itu akan lebih eksplisit dalam menyinggung isu politik. Terutama perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Saat berita ini ditulis, kehadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sedang dalam proses negosiasi dengan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscars. Zelensky rencananya berbicara dalam Oscars 2022. Namun, belum diketahui apakah dia akan hadir secara langsung atau melalui konferensi video.

Menurut sumber yang dilansir The Post, para petinggi AMPAS sendiri masih berdebat apakah Zelensky diperkenankan hadir atau tidak. Sebab, sebagian petinggi ingin Oscars bersifat apolitis seperti sebelumnya.

Kendati demikian, Oscars kerap menjadi ajang curi-curi pendapat politik bagi para nominenya. Di sisi lain, ABC selaku stasiun TV yang menyiarkan Oscars 2022 mendukung Zelensky untuk menyuarakan pendapatnya.

Kehadiran Zelensky di Dolby Theatre, Los Angeles, tempat Oscars 2022 digelar pagi ini, didukung oleh banyak selebriti Hollywood. Salah satunya Sean Penn, aktor sekaligus sutradara, penulis skenario, dan produser. Menurut dia, selain untuk menyuarakan kepedihan Ukraina atas perang yang terjadi, Zelensky layak hadir karena dia pernah berkarier di industri hiburan. Yakni, sebagai aktor dan komedian sebelum menjabat presiden Ukraina.

’’Omong-omong, dia adalah pria yang mengerti film dan memiliki karier yang sangat panjang dan sukses dalam hal itu,’’ kata Penn dalam penampilannya di CNN Sabtu (26/3) lalu waktu setempat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : The Hollywood Reporter/Variety/New York Post/adn/sha/c17/ c7/len/oni

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads