alexametrics

Pesawat Boeing 737 Max Terpaksa Mendarat Darurat di Florida

28 Maret 2019, 11:09:49 WIB

JawaPos.com – Pesawat Southwest Airlines Boeing 737 Max melakukan pendaratan darurat di Orlando, Florida. Pesawat itu dilaporkan mengalami masalah pada mesinnya. Dilansir dari Al Jazeera pada Rabu (27/3), para kru menyatakan keadaan darurat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Orlando pada hari Selasa dan kembali ke Bandara Orlando dengan aman.

Saat itu tidak ada penumpang di pesawat sebab Boeing 737 Max sedang dilarang terbang. Saat pesawat sedang dilarang terbang, maka mereka tak boleh membawa penumpang.

FAA mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki insiden yang terjadi. Namun keadaan darurat itu tidak terkait dengan perangkat lunak anti-stall yang diduga menjadi penyebab dua kecelakaan fatal Pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air di Indonesia.

pesawat jatuh, pesawat, kecelakaan, Boeing 737 Max, lion air, ethiopian airlines,
Boeing 737 Max sedang dilarang terbang. Saat pesawat sedang dilarang terbang, maka mereka tak boleh membawa penumpang (Reuters)

Juru Bicara Bandara Carolyn Fennell mengatakan, salah satu dari tiga landasan pacu bandara ditutup untuk dilakukan pembersihan setelah pendaratan darurat. Dia mengatakan, itu merupakan prosedur standar untuk memeriksa runway usai pendaratan darurat. Tidak jelas apakah ada bagian yang jatuh dari pesawat.

Southwest Airlines mengatakan, pilot pesawatnya melaporkan ada masalah mesin tak lama setelah lepas landas. Pesawat Boeing 737 Max akan dipindahkan ke fasilitas pemeliharaan Orlando untuk diperiksa.

Boeing 737 Max adalah pesawat dengan penjualan tercepat dalam sejarah perusahaan dengan sekitar 370 pesawat telah dikirimkan. Sejauh ini sekitar 4.700 pesawat sudah dipesan.

Beberapa maskapai mengatakan mereka sedang mengevaluasi kembali pesanan 737 Max usai insiden pesawat yang melibatkan Boeing.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Dinda Lisna



Close Ads
Pesawat Boeing 737 Max Terpaksa Mendarat Darurat di Florida