alexametrics

Kelompok Anti-Migran Austria Dapat Sumbangan dari Brenton Tarrant

28 Maret 2019, 17:06:21 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Austria mengatakan, pihaknya akan membubarkan kelompok sayap kanan yang menerima sumbangan dari teroris penyerang dua masjid di Selandia Baru, Brenton Tarrant jika terbukti merupakan organisasi teroris.

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan, pemerintah sedang menyelidiki kelompok Identitarian Movement Austria (IBÖ), apakah kelompok tersebut merupakan organisasi teroris atau bukan.

Jaksa penuntut mengonfirmasi Ketua IBO Martin Sellner menerima sekitar € 1.500 dari Brenton Tarrant. Sellner mengonfirmasi, donasi itu memang diterima namun ia membantah ada hubungan dengan Tarrant.

penembakan masal, penembakan di masjid, masjid selandia baru, selandia baru, jerman, teroris,
Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan, pemerintah sedang menyelidiki kelompok Identitarian Movement Austria (IBÖ), apakah kelompok tersebut merupakan organisasi teroris atau bukan (Reuters)

“Kami sekarang dapat mengonfirmasikan bahwa ada dukungan finansial, dan begitu pula hubungan antara Tarrant dengan IBO di Austria,” kata Kurz dilansir dari BBC pada Kamis (28/3).

“Posisi kami dalam hal ini sangat jelas, tidak ada ekstremisme yang diterima di Austria. Tak peduli apakah itu Islam radikal atau gerakan fanatik ekstrimis sayap kanan. Mereka tak punay tempat di masyarakat kita,” katanya.

Dia mengatakan, IBO akan dibubarkan jika dianggap sebagai kelompok teroris. Namun saat ini pihaknya masih melakukan investigasi.

Dalam sebuah video yang diunggah Sellner, ia mengatakan, dia menerima email yang berisi donasi yang tidak begitu besar dari seseorang bernama Tarrant. Dan Tarrant hanya mendapat balasan terima kasih seperti yang diberikan kepada penyumbang lainnya.

“Saya tidak ada hubungannya dengan serangan teror ini,” kata Sellner. Organisasinya adalah kelompok antimigran yang damai.

Dia mengatakan, para penyelidik menggerebek flatnya di Wina dan menyita telepon, komputer, dan perangkat lainnya pada Senin (25/3) lalu. Pihak berwenang Austria mengonfirmasi pekan lalu kalau Tarrant telah mengunjungi Austria, dilaporkan pada bulan November, meskipun rincian tinggalnya di sana tidak diketahui.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Kelompok Anti-Migran Austria Dapat Sumbangan dari Brenton Tarrant