alexametrics

Bagi Indonesia, Dataran Tinggi Golan Tetap Milik Syria Bukan Israel

28 Maret 2019, 14:25:32 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Indonesia menolak keras pengakuan atas Dataran Tinggi Golan menjadi bagian dari Israel oleh Amerika Serikat (AS). Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan, pengakuan ini mengganggu stabilitas dan perdamaian di kawasan.

“Pengakuan ini tidak sejalan dengan berbagai kesepakatan dan hukum internasional yang ada,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Kemlu, Jakarta pada Kamis (28/3).

Arrmanatha juga menyatakan, Indonesia akan tetap mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Syria. Meski saat ini diduduki Israel sejak 1967.

israel, dataran tinggi golan, as, syria, trump, indonesia,
Baru-baru ini Presiden AS Donald Trump mengatakan, sudah saatnya bagi AS untuk mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel. Pengakuan ini sendiri melanggar kebijakan AS (Haaretz)

Jika ada gerakan yang akan mengangkat isu ini, ujar Arrmanatha,  secara prinsip Indonesia akan mendukung. Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir juga telah menyampaikannya kepada Dewan Keamanan (DK) PBB pada saat membahas mengenai isu ini beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pada 1981 telah diterapkan hukum Israel mengenai daerah itu—yang sama artinya dengan pencaplokan, namun tidak pernah diakui secara internasional.

Baru-baru ini Presiden AS Donald Trump mengatakan, sudah saatnya bagi AS untuk mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel. Pengakuan ini sendiri melanggar kebijakan AS.

Pada Selasa (26/3), lima negara Eropa yang duduk di DK PBB yaitu Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia menolak keputusan Trump. Mereka bersikeras bahwa posisi Eropa tidak berubah dan Golan adalah wilayah Syria yang diduduki Israel, sesuai dengan hukum internasional yang diabadikan dalam resolusi PBB.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Bagi Indonesia, Dataran Tinggi Golan Tetap Milik Syria Bukan Israel