alexametrics

Meja Makan Kosong, Trump dan Kim Gagal Tanda Tangani Kesepakatan

28 Februari 2019, 15:27:52 WIB

JawaPos.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un gagal menandatangani kesepakatan di Vietnam. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders pada Kamis (28/2).

“Tidak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, tetapi tim delegasi mereka masing-masing berharap untuk bertemu pada masa depan,” kata Sarah dilansir dari Vox pada Kamis (28/2).

korut, tiongkok, beijing, kim jong un, trump, as, vietnam,
Kim dan Trump gagal tanda tangani kesepakatan dalam KTT Kedua (The Times of Israel)

Pernyataan Sarah itu juga menyebutkan bahwa kedua pemimpin itu membahas berbagai cara untuk memajukan konsep-konsep denuklirisasi dan dilanjutkan oleh kemajuan ekonomi.

Hal itu mungkin mengindikasikan pembicaraan mengenai Yongbyon, fasilitas nuklir utama Korut. Kim hanya akan setuju untuk berhenti memproduksi bahan-bahan nuklir di sana kalau sanksi ekonomi terhadapnya dicabut.

Trump diminta mendorong untuk mencabut beberapa sanksi PBB terhadap Pyongyang sehingga dapat mengejar proyek ekonomi bersama dengan Korea Selatan. Namun kesepakatan itu belum disetujui hingga saat ini.

Apa pun alasannya, kegagalan untuk menandatangani kesepakatan di Hanoi menjadi jelas ketika wartawan mengambil foto-foto meja makan siang untuk Trump dan Kim Jong Un benar-benar kosong. Tak ada keramaian di sana.

Padahal seharusnya delegasi AS dan Korut makan siang di sana. Tapi foto di Twitter hanya menunjukkan meja makan kosong dan sepi, tak ada seorang pun.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum



Close Ads
Meja Makan Kosong, Trump dan Kim Gagal Tanda Tangani Kesepakatan