JawaPos Radar

AS Kesal Kalah dari Rusia di DK PBB Soal Iran

28/02/2018, 16:07 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
AS Kesal Kalah dari Rusia di DK PBB Soal Iran
PBB (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Amerika Serikat (AS) mengancam akan mengambil tindakan sepihak terhadap Iran karena gagal mencegah senjatanya jatuh ke tangan kelompok Houthi. Ancaman ini dikeluarkan setelah Rusia mengambil hak Veto di Dewan Keamanan PBB untuk Teheran.

"Jika Rusia terus mendukung Iran, maka AS dan para pendukung akan mengambil tindakan sendiri," kata Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley seperti dilansir Reuters, Selasa, (27/2).

"Jika kita tidak mendapatkan kesempatan di DK PBB maka kita harus mengambil tindakan kita sendiri," ujar Haley kepada wartawan saat berkunjung ke Ibu Kota Honduras, Tegucigalpa.

Haley tidak mengatakan tindakan apa yang akan dilakukan. Veto Rusia merupakan kekalahan bagi AS yang telah melakukan lobi selama berbulan-bulan agar Iran dapat dimintai pertanggungjawaban di PBB.

Sementara pada saat yang sama AS mengancam untuk keluar dari kesepakatan 2015 untuk mengekang program nuklir Iran jika jika peperangan tidak diperbaiki.

"Tentunya pemungutan suara ini tidak akan membuat keputusan soal kesepakatan nuklir. Yang bisa saya katakan adalah ini tidak membantu," kata Haley.

Haley juga mengatakan, veto tersebut hanya memvalidasi Iran untuk melakukan perilaku yang lebih berbahaya dan ilegal.

Presiden AS Donald Trump memperingatkan sekutu Eropa bulan lalu, mereka harus melakukan tindakan pada pertengahan bulan Mei untuk memperbaiki pakta tersebut. Inggris merancang resolusi PBB yang sempat gagal, lalu berkonsultasi dengan AS dan Prancis.

Teks draft awal mengecam Iran karena telah melanggar embargo senjata terhadap para pemimpin Houthi, termasuk melanggar sebuah komitmen dewan untuk mengambil tindakan atasnya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up