alexametrics

Cari Demonstran yang Masih Bersembunyi, Pihak Universitas Sisir Kampus

27 November 2019, 15:30:03 WIB

JawaPos.com – Drama pendudukan Polytechnic University (PolyU) Hongkong hampir berakhir. Selasa (26/11) pihak kampus akhirnya mulai menyisir seluruh kompleks untuk mencari pengunjuk rasa yang tersisa. Menurut mereka, hanya tinggal satu demonstran yang bersembunyi di sana.

Universitas itu menjadi tempat para demonstran berkumpul sejak dua minggu lalu. Seribu pengunjuk rasa sempat bentrok dengan polisi pada 17 November. Akibatnya, kepolisian mengepung tempat tersebut.

Pihak kampus akhirnya membentuk tim untuk mencari pendemo yang tersisa dan merayu mereka mau pergi. ’’Kami sudah mencari di seluruh kampus secara sistematis. Yang kami temukan hanya satu demonstran perempuan di gedung himpunan mahasiswa,’’ ungkap Wakil Presiden PolyU Wai Ping-kong kepada Agence France-Presse.

Wai menjelaskan, perempuan itu berusia lebih dari 18 tahun dan bukan mahasiswa PolyU. Dia menambahkan bahwa tim universitas sedang merayu agar dia mau menyerahkan diri.

Pada Senin (25/11), kepolisian Hongkong menyatakan akan memberikan toleransi kepada demonstran yang berusia di bawah 18 tahun. Namun, pengunjuk rasa yang sudah dewasa bakal ditindak sebagai pelaku kerusuhan.

’’Polisi akan menerapkan asas kemanusiaan dalam menangani kasus PolyU. Kami ingin semua berakhir damai,’’ ujar Chief Executive Hongkong Carrie Lam sebagaimana yang dilansir The Straits Times.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (bil/c14/dos)


Close Ads