JawaPos Radar

Washington Batalkan Kunjungan Pompeo, Korut Curiga

27/08/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Washington Batalkan Kunjungan Pompeo, Korut Curiga
Washington yang membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Korut secara tiba-tiba (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Surat kabar Korea Utara (Korut) menuduh Amerika Serikat (AS) telah melakukan perdagangan ganda dan mempersiapkan rencana kriminal terhadap Pyongyang pada Minggu, (26/8). Hal itu terkait Washington yang membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo secara tiba-tiba.

Negosiasi antara kedua belah pihak, pada Kerjasama Tingkat Tinggi (KTT) Presiden As Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un melalui pertemuan puncak di Singapura Juni lalu nyatanya tidak menemui jalan yang jelas.

Pompeo telah mendesak penutupan fasilitas senjata sistem nuklir Korut. Sementara Pyongyang menuntut Washington untuk membuat konsesi pertamanya sendiri. Surat kabar Rodong Sinmun Korut, mengutip saluran media Korea Selatan mengatakan, unit khusus AS yang bermarkas di Jepang sedang melakukan latihan udara yang ditujukan pada infiltrasi ke Pyongyang.

Washington Batalkan Kunjungan Pompeo, Korut Curiga
AS dorong denuklirisasi Semenanjung Korea (KCNA)

"Tindakan-tindakan semacam itu membuktikan bahwa AS sedang menancapkan rencana kriminal untuk melancarkan perang melawan DPRK dan melakukan kejahatan yang layak mendapatkan hukuman ilahi tanpa ampun jika AS gagal dalam skenario denuklirisasi DPRK yang tidak adil," kata surat kabar tersebut.

Seperti dilansir Reuters, surat kabar Rodong Sinmun mengatakan, mereka tidak bisa mengambil sikap serius dari sikap dobel standar AS. Mereka sibuk melakukan latihan rahasia yang melibatkan unit khusus pembunuhan.

Seorang Juru Bicara Kedutaan Besar AS di Seoul mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang dugaan pengeboman yang beredar di surat kabar. Begitu pula dengan Jubir militer AS di Korea Selatan, dia tidak memberikan berkomentar.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up