alexametrics

Pemimpin ISIS dan Anggotanya di Afghanistan Tewas Digempur AS

27 Agustus 2018, 15:10:00 WIB

JawaPos.com – Pemimpin ISIS di Afghanistan tewas dalam serangan udara di Provinsi Nangarhar Timur. Dilansir Al Jazeera pada Minggu, (26/8), Abu Saad Erhabi dan 10 anggotanya tewas dalam operasi gabungan dengan pasukan koalisi pada Sabtu malam. Ini menurut pernyataan National Directorate of Security pada hari Minggu.

“Emir Daesh di Afghanistan bersama dengan 10 orang lainnya tewas,” katanya menggunakan akronim Arab kelompok bersenjata itu.

Serangan udara di sebuah desa di Distrik Khugyani, dekat perbatasan dengan Pakistan, juga menghancurkan sejumlah besar senjata, bahan peledak, dan amunisi. Juru Bicara Gubernur Provinsi Nangarhar, Attaullah Khogyani mengkonfirmasi kematian pemimpin ISIS tersebut.

Pasukan AS di Afghanistan mengatakan, mereka melakukan serangan udara di lokasi yang digambarkan oleh para pejabat Afghanistan. Mereka menargetkan pemimpin senior ISIS tersebut.

Erhabi adalah pemimpin ISIS keempat yang tewas di Afghanistan sejak kelompok itu muncul di sana pada awal 2015. Erhabi menggantikan Abu Sayed yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada awal Juli.

ISIS memiliki kehadiran yang relatif kecil namun kuat di Afghanistan, terutama di Nangarhar, tempat kelahiran cabang Afghanistan ISIS. Namun baru-baru ini di provinsi utara Jowzjan, mereka berperang untuk menguasai rute penyelundupan ke negara tetangganya, Turkmenistan.

ISIS mengalami kemunduran berulang di tengah perang berdarah melawan Taliban yang jauh lebih besar dan berkuasa di Afghanistan. Perkiraan anggota ISIS di negara ini mencapai 2.000.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ina/JPC)



Close Ads
Pemimpin ISIS dan Anggotanya di Afghanistan Tewas Digempur AS