JawaPos Radar

Korut Usir Turis Jepang

27/08/2018, 14:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Korut Usir Turis Jepang
Korea Utara (Korut) mengatakan, mereka telah mengusir seorang turis asal Jepang yang ditahan selama perjalanan ke negara tersebut. Dia diusir atas dasar kemanusiaan setelah dicurigai melanggar undang-undang (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Korea Utara (Korut) mengatakan, mereka telah mengusir seorang turis asal Jepang yang ditahan selama perjalanan ke negara tersebut. Dia diusir atas dasar kemanusiaan setelah dicurigai melanggar undang-undang.

Seperti dilansir Channel News Asia, menurut kabar dari Kantor Berita Korut KCNA, Korut telah mengusir turis asal Jepang Tomoyuki Sugimoto saat berkunjung ke Korut atas dasar kemanusiaan setelah menahannya karena dicurigai melanggar undang-undang negara tersebut.

Tidak dikatakan secara spesifik mengenai apa yang dilakukan oleh Sugimoto di Korut. Sebelum terdengar kabar tersebut, media Jepang melaporkan bahwa seorang pria asal Jepang telah ditahan di Korut.

Para pejabat kemudian mulai mengumpulkan berbagai informasi mengenai keselamatan warga Jepang tersebut. Terlepas dari penahanan Sugimoto, Jepang telah menuntut Korut untuk melepaskan senjata nuklir termasuk rudalnya.

Pihak Jepang juga mencari kembalinya penculikan yang diculik selama tahun 1970 dan 1980-an. Jepang mengatakan, mereka tidak akan memberi bantuan ekonomi apapun kepada Pyongyang hingga masalah tersebut selesai dan hubungan diplomatik normal telah ditetapkan.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up