JawaPos Radar

Gempa Iran Hancurkan 500 Bangunan

27/08/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Gempa Iran Hancurkan 500 Bangunan
Gempa di Iran menghancurkan 500 bangunan dan perlu dibangun kembali (Jawapos)
Share this

JawaPos.com - Gempa 6 skala richter (SR) menghantam Iran di wilayah dekat perbatasan Irak pada Minggu , (26/8). Gempa ini membuat setidaknya dua orang tewas dan lebih dari 250 orang terluka.

Gempa berada di 26 kilometer barat daya Kota Javanrud di Provinsi Kermanshah. Lokasi gempa dekat dengan lokasi pada saat gempa 2017 yang menewaskan ratusan orang.

Gubernur Kermanshah Houshang Bazvand mengatakan, dua orang tewas dan 255 terluka. Kepala Departemen Gawat darurat di Kermanshah University of Medical Sciences, Saeb Sharidari, mengatakan kedua korban tewas adalah seorang wanita hamil dan seorang pria berusia 70 tahun yang menderita serangan jantung.

Kantor berita IRNA mengatakan listrik putus di hampir 70 desa. Namun listrik dipulihkan setidaknya di 50 desa saat pagi hari.

Pejabat tersebut juga mengatakan ada lebih dari 65 gempa susulan. Bazvand mengatakan, setidaknya 500 bangunan hancur dan perlu dibangun kembali.

Sebuah pusat krisis didirikan, ada relawan dari rumah sakit dan organisasi-organisasi ditempatkan disana. Direktur Manajemen Krisis setempat, Reza Mahmoudian mengatakan, situasi terkendali.

Ada laporan bahwa gempa itu terasa jauh di seberang perbatasan ke Irak. Gambar di media sosial menunjukkan orang-orang dilarikan ke rumah sakit.

Iran berada di atas dua lempeng tektonik utama dan ada aktivitas seismik yang sering terjadi. Kermanshah masih belum pulih dari gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda November 2017, menewaskan 620 orang di provinsi itu.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up